Kompas TV nasional peristiwa

Usai Salat Jenazah, Anies: Azyumardi Azra Sosok Penjaga Demokrasi, Kita Semua Merasa Kehilangan

Kompas.tv - 20 September 2022, 08:05 WIB
usai-salat-jenazah-anies-azyumardi-azra-sosok-penjaga-demokrasi-kita-semua-merasa-kehilangan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai mensalatkan jenazah Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Selasa (20/9/2022) pagi.  (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut melakukan salat jenazah Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra, Selasa (20/9/2022). 

Seperti diketahui, sebelum dimakamkan, jenazah Azyumardi disalatkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat, Tanggerang Selatan (Tangsel), pagi ini.

Seusai salat jenazah, Anies menyempatkan diri untuk menemui wartawan. Ia mengungkapkan begitu banyak pihak mulai dari kolega almarhum hingga masyarakat umum turut hadir dalam salat jenazah tersebut. 

"Begitu banyak kolega, umat masyarakat yang hadir ikut menyalatkan profesor Azyumardi Azra, ini menandakan bahwa beliau selama hidupnya telah menyentuh banyak orang lewat tulisan, pemikiran, pengajaran, yang dilakukan selama ini," kata Anies seperti ditayangkan Breaking News Kompas TV, Selasa. 

"Dan kampus ini menjadi salah satu bukti atas pengabdian nyata oleh almarhum pada kemajuan ilmu, pengembangan umat, dan bangsa negera."


 

Anies kemudian mengenang Azyumardi sebagai sosok yang tetap menjaga Indonesia menjadi negara yang maju.

"Almarhum adalah pribadi yang terus menerus konsisten di dalam menjaga Indonesia kita tetap menjadi negeri yang maju dan demokrasi yang terkonsolidasi," ujarnya.

"Beliau terus menerus dalam berbagai tulisan, kuliahnya, menyampaikan pentingnya menjaga agar demokrasi kita terus berkualitas."

Tak hanya itu, almarhum, kata dia juga tidak segan melontarkan pikiran-pikirannya yang mungkin terasa kurang nyaman bagi mereka yang menggangu demokrasi.

"Jadi ini adalah salah satu pilar penjaga demokrasi, dan kita semua merasa kehilangan. Tapi kami yakin Insya Allah beliau husnul khatimah dan keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan," ucapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x