Kompas TV TALKSHOW rosi

Data Pribadi Dicuri, Kejahatan Apa yang Bisa Dilakukan? - ROSI

Kompas.tv - 20 September 2022, 07:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana menuturkan ada banyak penyalahgunaan yang bisa dilakukan saat data kita bocor, salah satunya dengan digunakan untuk transaksi pinjaman online (pinjol). Maka, inilah pentingnya koordinasi yang baik dari pemerintah untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan data pribadi, karena yang diserang adalah pola pikir masyarakat dan menciptakan kegaduhan publik.

Made menilai hingga kini belum ada bukti bahwa Bjorka memiliki kemampuan teknis yang luar biasa untuk bisa meretas data dan menjadi ancaman serius untuk melumpuhkan sistem informasi nasional. Meski demikian, hal ini mestinya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran data. 

Simak dialog Rosianna Silalahi bersama Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana. Ia juga dijuluki sebagai "pawang hacker" di kalangan IT. Saksikan dalam Premiere Uncut ROSI Eps. "Pembobol Data Pribadi, Kerja untuk Siapa?" di kanal YouTube KompasTV. 


 

hashtag #Bjorka #Hacker #KebocoranData



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x