Kompas TV TALKSHOW rosi

Jika benar Bjorka intensitas serangannya rendah, mengapa dibentuk tim khusus? - ROSI

Kompas.tv - 20 September 2022, 07:10 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana mengatakan dari kacamata keamanan, tingkat bahaya dari aspek teknis memang serangan Bjorka tergolong rendah, namun dari aspek sosial berdampak besar. Publik menjadi korban karena aspek social engineering yang digunakan dan sejauh mana kerentanan sistem yang diserang, serta pemanfaatan data yang diambil tersebut. 

Sebagai contoh, sering kali identitas pribadi kita seperti KTP atau KK diminta untuk melengkapi proses transaksi mau pun registrasi. Permasalahan bisa timbul ketika server yang mengumpulkan data ini tidak terkontrol dan bisa berbahaya jika dimanfaatkan untuk hal-hal negatif, seperti penipuan. 

Sebelumnya Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian menyebut bahwa serangan hacker Bjorka tergolong rendah, jika dilihat dari klasifikasi serangan siber yang bisa melumpuhkan infrastruktur informasi nasional. 

Simak dialog Rosianna Silalahi bersama Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana. Ia juga dijuluki sebagai "pawang hacker" di kalangan IT. Saksikan dalam Premiere Uncut ROSI Eps. "Pembobol Data Pribadi, Kerja untuk Siapa?" di kanal YouTube KompasTV. 

 

hashtag #Bjorka #Hacker #KebocoranData



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x