Kompas TV TALKSHOW rosi

Bjorka itu Hacker atau Bukan? Ini Penjelasan Pakar Kompetensi Keamanan Siber - ROSI

Kompas.tv - 20 September 2022, 07:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana menyebut Bjorka hanya memanfaatkan data-data yang tercecer di dunia maya. Made menegaskan, hacker sejati tidak akan memamerkan dirinya untuk mencari popularitas atau keuntungan finansial. 

Dikenal ada 3 jenis hacker: black hat, white hat, dan grey hat. Made mengatakan ketiganya bisa diidentifikasikan setelah ada investigasi dan pembuktian, berdasarkan dampak dan niat secara personal. 

Dalam menemukan celah keamanan sistem, seorang hacker bisa bekerja secara sistematis dan saling berkaitan, namun belum tentu saling mengenal. Ada kelompok yang menemukan celah kelemahan sistem. Ada pula kelompok yang membuat alat bantu untuk menemukan celah tersebut. Kemudian ada yang memanfaatkan alat bantu tersebut. Lalu, apa sebetulnya Bjorka? 

Simak dialog Rosianna Silalahi bersama Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana. Ia juga dijuluki sebagai "pawang hacker" di kalangan IT. Saksikan dalam Premiere Uncut ROSI Eps. "Pembobol Data Pribadi, Kerja untuk Siapa?" di kanal YouTube KompasTV. 


 

hashtag #Bjorka #Hacker #KebocoranData



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.