Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

PHK Karyawan, Shopee Pastikan Beri Pesangon Plus Gaji dan Asuransi Kesehatan Masih Berlaku

Kompas.tv - 20 September 2022, 06:50 WIB
phk-karyawan-shopee-pastikan-beri-pesangon-plus-gaji-dan-asuransi-kesehatan-masih-berlaku
Shopee Indonesia memastikan karyawan nya yang di PHK tetap mendapat pesangon dan gaji tambahan serta asuransi kesehatan yang berlaku hingga akhir 2022. (Sumber: Dok. Shopee )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, karyawan Shopee yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akan mendapat pesangon serta tambahan gaji. Menurut Radynal, hal itu sudah sesuai ketentuan. 

"Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan satu bulan gaji," kata Radynal dalam siaran persnya kepada media, Senin (19/9/2022).

Shopee Indonesia juga tetap memberikan asuransi kesehatan perusahaan, yang bisa dipakai karyawan hingga akhir tahun 2022 dengan seluruh manfaatnya.

PT Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya. Manajemen Shopee menyebut hal itu terpaksa dilakukan, sebagai bagian dari efisiensi yang dilakukan perusahaan.

Baca Juga: Shopee Indonesia PHK Karyawan, Manajemen: Evaluasi Prioritas Bisnis

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, Shopee Indonesia mem-PHK sekitar 3 persen dari total karyawannya di Indonesia. Namun tidak diketahui berapa jumlah pasti karyawan yang terkena PHK. 

Pihak Shopee menyebut sudah melakukan cara lain untuk menyesuaikan arah bisnis. PHK karyawan adalah pilihan terkahir yang dilakukan, seiring kebijakan bisnis baru Shopee. 

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," ujar Radynal. 

Shopee Indonesia kini memiliki arah bisnis baru, menyesuaikan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan.

Baca Juga: Direksi dan Komisaris Pertamina Dirombak, Berikut Daftar Terbarunya

"Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," ucapnya. 

Namun meski ada PHK, Radynal memastikan operasi bisnis dan layanan kepada semua penjual, pembeli, dan mitra di Indonesia tidak terpengaruh. 

Dengan melayani jutaan pembeli dan penjual termasuk UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia, kehadiran Shopee telah memberikan peluang bagi banyak pelaku usaha untuk bertumbuh.

Shopee Indonesia juga tetap berkomitmen untuk terus menjalankan program bagi UMKM yang telah berjalan saat ini melalui sembilan Kampus UMKM Shopee yang ada saat ini.

Baca Juga: Pengusaha India Gautam Adani Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya ke-2 di Dunia

"Pencapaian Shopee selama ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen dari Shopee Team. Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh Shopee Team sejauh ini,” ucapnya. 

"Kami akan terus melanjutkan misi kami untuk melayani jutaan penjual, pembeli, dan UMKM untuk menikmati manfaat dari ekonomi digital melalui platform kami," tambahnya. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x