Kompas TV nasional update

Kenang Sosok Azyumardi Azra yang Humanis, Airlangga Hartarto: Lihat, Karangan Bunganya Sampai 1 Km

Kompas.tv - 20 September 2022, 06:13 WIB
kenang-sosok-azyumardi-azra-yang-humanis-airlangga-hartarto-lihat-karangan-bunganya-sampai-1-km
Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra. (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

TANGERANG, KOMPAS.TV - Menteri Koordinat Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang sosok almarhum Azyumardi Azra yang memiliki humanisme luar biasa. 

Airlangga menilai semasa hidupnya, sosok Azyumardi Azra adalah cendikiawan dengan integritas tinggi dan menginspirasi generasi muda. 

Sebagai bukti keluarbiasaan Azyumardi, Airlangga menyebut karangan bunga yang diberikan kepada almarhum di rumah dukanya berjejeran hingga satu kilometer. 

"Beliau adalah cendekiawan muslim yang diterima semua pihak dengan integritas yang luar biasa dan ajaran-ajaran beliau tentang demokrasi humanisme itu mempunyai nilai yang menginspirasi generasi muda," ucap Airlangga di rumah duka almarhum Azyumardi di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Senin (19/9) malam, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Azyumardi Azra, Gelar Kehormatan dari Ratu Elizabeth dan Jembatan Hubungan Antarkeyakinan

"Dalam setiap kuliah yang diberikan beliau, para siswa sangat antusias dan hari ini kita lihat bunganya (karangan bunga belasungkawa) hampir satu kilometer. Artinya, beliau sangat diterima oleh kalangan yang luas."

"Kita berinteraksi dalam humanisme dari demokrasi. Jadi, nilai-nilai itu yang melekat dalam pemikiran saya. Beliau kan seorang maha guru sangat melekat dengan keilmuan. Namun, ilmu yang disampaikan itu sangat menarik. Jadi, selalu menginspirasi para siswanya, bahkan kepada koleganya," sambungnya.

Jenazah Ketua Dewan Pers sekaligus cendikiawan muslim Azyumardi Azra akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawaman (TMP) Kalibata, Jakarta pukul 09.00 WIB nanti. 

Satu jam sebelum dimakamkan, jenazah Azyumardi Azra akan disalatkan di Audiotorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Adapun Menteri Koordiat Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaaan Muhajir Effendy akan menjadi inspektur upacara pemakaman Azyumardi Azra.

Sebagai informasi, Azyumardi Azra meninggal dunia karena terkena serangan jantung kala melawat ke Malaysia, Minggu (18/9/2022). 

Baca Juga: Tokoh Politik Kenang Azyumardi Azra, Orang Indonesia Pertama yang Dapat Gelar dari Kerajaan Inggris

Selain dikenal sebagai cendikiawan muslim dan Ketua Dewan Pers periode 2022-25, Azyumardi Azra juga merupakan orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x