Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa Kuat Mengguncang Pantai Pasifik Meksiko, Sedikitnya Satu Orang Tewas

Kompas.tv - 20 September 2022, 06:08 WIB
gempa-kuat-mengguncang-pantai-pasifik-meksiko-sedikitnya-satu-orang-tewas
Warga Meksiko City berhamburan ke luar ruangan ketika terjadi gempa bermagnitudo 7,6 di kota tersebut pada Senin (19/9/2022). (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

MEXICO CITY, KOMPAS.TV - Gempa berkekuatan 7,6 mengguncang pantai Pasifik tengah Meksiko pada Senin (19/9/2022). Peristiwa ini menewaskan sedikitnya satu orang. 

Laporan awal melaporkan adanya kerusakan bangunan akibat gempa. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa terjadi pada pukul 13.05 waktu setempat. Gempa itu berpusat 37 kilometer tenggara Aquila dekat perbatasan negara bagian Colima dan Michoacan dan pada kedalaman 15,1 kilometer.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengatakan melalui Twitter bahwa sekretaris angkatan laut mengatakan kepadanya bahwa satu orang tewas di kota pelabuhan Manzanillo, Colima karena tertimpa tembok di sebuah mal yang runtuh.

Di Coalcoman, Michoacan, dekat pusat gempa, bangunan rusak, tetapi tidak ada laporan korban luka.
“Gempa dimulai dengan perlahan dan kemudian sangat kuat dan berlanjut dan berlanjut sampai mulai mereda,” kata Carla Cárdenas, 16 tahun, penduduk Coalcoman, seperti dikutip dari The Associated Press. Cárdenas berlari keluar dari hotel dan menunggu di luar dengan tetangga yang lain.

Baca Juga: Eks Jaksa Agung Meksiko Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Penghilangan Paksa 43 Mahasiswa

Dia mengatakan hotel dan beberapa rumah di sepanjang jalan menunjukkan retakan di dinding dan bagian fasad dan atap telah patah.

“Di hotel, atap area parkir menggelegar dan jatuh ke tanah, dan ada retakan di dinding di lantai dua,” kata Cárdenas.
Dia mengatakan rumah sakit kota itu rusak parah, tetapi sejauh ini dia tidak mendengar ada orang yang terluka.

Badan Pertahanan Sipil Nasional Meksiko mengatakan bahwa berdasarkan data sejarah tsunami di Meksiko, variasi setinggi 82 cm mungkin terjadi pada ketinggian air pantai di dekat pusat gempa. Pusat Peringatan Tsunami AS mengatakan bahwa gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 kilometer dari pusat gempa. Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum mentweet bahwa tidak ada laporan kerusakan di ibukota.

Sebelumnya Meksiko pernah mengalami gempa besar berkekuatan 8,0 di negara bagian Guerrero pada tahun 1985, yang menewaskan sedikitnya 9.500 orang. Selain itu, gempa besar pada tahun 2017 yang berkekuatan 7,1 menewaskan lebih dari 360 orang.

Baca Juga: Lagi, Jurnalis Meksiko Terbunuh di Medan Konflik Kartel Narkoba, Kasus Masih Misterius

“Ini kebetulan,” bahwa ini adalah gempa bumi ketiga pada 19 September, kata seismolog Survei Geologi AS Paul Earle. “Tidak ada alasan fisik atau bias statistik terhadap gempa bumi pada bulan tertentu di Meksiko.” Juga tidak ada musim atau bulan untuk terjadinya gempa bumi besar di mana pun di dunia, kata Earle. 

"Kami tahu kami akan mendapatkan pertanyaan ini segera setelah itu terjadi," kata Earle. "Terkadang hanya ada kebetulan."
 



Sumber : The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x