Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Cinta Elizabeth dan Philip: 74 Tahun Hidup Bersama, Dikubur Bersisian untuk Selamanya

Kompas.tv - 20 September 2022, 06:10 WIB
kisah-cinta-elizabeth-dan-philip-74-tahun-hidup-bersama-dikubur-bersisian-untuk-selamanya
Ratu Elizabeth II menghabiskan waktu bersama suami, Pangeran Philip dan kedua anaknya, Pangeran Charles dan Putri Anne di kompleks Kastil Balmoral, Skotlandia, 15 Agustus 1995. Pada Senin (19/9/2022) waktu Inggris atau Selasa (20/9/2022) dini hari waktu Indonesia, jenazah Elizabeth II dikubur di samping Philip, suami yang mendampinginya selama 74 tahun pernikahan. (Sumber: Associated Press)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah setahun terpisah maut, Ratu Elizabeth II kembali bersatu dengan suaminya, Pangeran Philip di liang kubur. Elizabeth dimakamkan bersisian dengan Philip dan kedua orang tua sang ratu di Kapel St George, Istana Windsor, Senin (19/9/2022) malam waktu Inggris Raya atau Selasa (20/9) dini hari waktu Indonesia.

Philip, meninggal lebih dulu dibanding istrinya, tepatnya pada 9 April 2021 silam. Lalu, pada 8 September 2022, Elizabeth II yang kondisi kesehatannya menurun di Kastil Balmoral, Skotlandia ikut tutup usia.

Elizabeth dan Philip telah saling kenal selama hampir seabad, diikat pernikahan sejak 9 Juli 1947 hingga dipisahkan kematian sang suami. Mereka menjadi pasangan suami-istri selama 74 tahun lebih.

Kisah cinta Elizabeth dan Philip, walaupun berlangsung langgeng, awalnya berliku dan sempat menuai kontroversi.

Baca Juga: Kisah Cinta Penuh Drama Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Elizabeth pertama bertemu Pangeran Philip pada 1934, lalu bertemu lagi pada 1937. Waktu itu, gelar Philip masih Pangeran Philip dari Yunani dan Denmark.

Elizabeth mengaku jatuh cinta dengan Philip ketika ia masih berusia 13 tahun. Saat itu adalah pertemuan ketiga mereka, tepatnya saat Philip masuk ke Akademi Angkatan Laut Inggris Raya di Dartmouth.

Sepupu sang ratu, Margaret Rhodes, menulis bahwa "Elizabeth benar-benar jatuh cinta sejak pandangan pertama" kepada Philip dalam The Final Courtesy, otobiografinya tahun 2011.

Elizabeth dan Philip sendiri sejatinya masih terhitung sepupu. Mereka berstatus sepupu kedua dari garis keturunan Raja Christian IX dari Denmark dan sepupu ketiga dari garis keturunan Ratu Victoria.

Setelah pertemuan di Dartmouth, Elizabeth dan Philip diketahui saling bertukar surat. Ketika Elizabeth berusia 21 tahun, pada 9 Juli 1947, mereka berdua bertunangan.

Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip melambaikan tangan saat menghadiri parade pacuan kuda di Ascot, Inggris, 16 Juni 2011. (Sumber: Alastair Grant/Associated Press)

Pertunangan keduanya sempat mengundang kontroversi. Pasalnya, Philip tidak punya kapasitas finansial yang cukup layak untuk meminang ningrat.

Selain itu, mengutip Channel4, Philip dianggap warga negara asing. Walaupun pernah bertugas di militer Kerajaan Inggris Raya, hal ini dipandang tak cukup.

Salah satu hal yang juga disorot adalah ikatan kekeluargaan Philip. Ia punya saudari yang menikahi bangsawan Jerman yang punya tautan dengan Nazi, musuh Inggris Raya selama Perang Dunia Kedua, baru berakhir dua tahun saat Elizabeth tunangan.


 

Baca Juga: Dedikasi Ratu Elizabeth II bagi Inggris: Berikrar di Usia 21 Tahun untuk Mengabdi pada Britania Raya

Meskipun demikian, Elizabeth dan Philip akhirnya menikah pada 20 November 1947. Upacara pernikahan digelar di Westminster Abbey, tempat yang sama ketika Elizabeth II dinobatkan sebagai ratu dan tempat kebaktian pemakamannya.

Elizabeth dan Philip, bergelar Adipati Edinburgh jelang pernikahan, sempat tinggal di Malta, salah satu koloni Inggris Raya selama beberapa bulan. Mereka tinggal di Villa Guardamangia, rumah sewa dari paman Philip, Lord Mountbatten.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.