Kompas TV internasional kompas dunia

Nisan Elizabeth II Diukir, Jenazah Diturunkan ke Royal Vault Istana Windsor

Kompas.tv - 19 September 2022, 23:35 WIB
nisan-elizabeth-ii-diukir-jenazah-diturunkan-ke-royal-vault-istana-windsor
Upacara penurunan The Imperial State Crown dari peti jenazah Ratu Elizabeth II di Kapel St. George, Istana Windsor, Inggris Raya, Senin (19/9/2022) malam waktu Indonesia. (Sumber: Joe Giddens/Pool PA via AP)

LONDON, KOMPAS.TV - Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II dari jantung kota London ke Windsor, Inggris Raya hampir berakhir pada Senin (19/9/2022) tengah malam waktu Indonesia. Saat berita ini diturunkan, jenazah sang ratu telah diturunkan ke Royal Vault Kapel St George dan nisannya tengah diukir.

Royal Vault sendiri adalah ruang pemakaman yang terletak di Kapel St George, kompleks Istana Windsor. Upacara penurunan jenazah ke Royal Vault menandai akhir serangkaian upacara pemakaman sejak di Westminster Hall.

Kemudian, pada dini hari nanti, jenazah Elizabeth II akan dikebumikan di Kapel St George di samping kedua orangtuanya dan mendiang suaminya, Pangeran Philip.

Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Kapel St George dihadiri delapan ratus pelayat. Selain keluarga, staf kerajaan dan jajaran perdana menteri dari negara-negara Persemakmuran menghadiri prosesi ini.

Baca Juga: Rakyat Inggris Pelayat Ratu Elizabeth II Rela "Camping" di Luar Kastil Windsor


 

Dalam upacara di Kapel St George, mahkota The Imperial State Crown dan Orb Kedaulatan dan tongkat kerajaan yang mendampingi jenazah sang ratu sejak di Westminster Hall dipindahkan dan ditaruh ke atas sebuah altar. 

Sebatang tongkat yang dikenal sebagai “wand of office” dipatahkan dalam prosesi ini, menandai akhir masa kepemimpinan Elizabeth II di monarki Inggris Raya.

Tongkat itu dipatahkan oleh pejabat paling senior dalam keluarga kerajaan Inggris Raya, The Lord Chamberlain, Andrew Parker, bekas kepala dinas rahasia MI5.

Penurunan jenazah sang ratu ke Royal Vault diiringi oleh doa mazmur yang dibacakan oleh Uskup Windsor David Conner.

Kemudian, pada Selasa (20/9) dini hari waktu Indonesia, upacara penguburan Elizabeth II akan berlangsung di Kapel St George. Upacara ini bersifat privat dan dihadiri anggota keluarga kerajaan.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Samping Pangeran Philip di Kapel King George VI, Kastil Windsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x