Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia Jadi Satu-satunya Wakil ASEAN yang Lolos ke Piala Asia U20 2023 dengan Status Juara Grup

Senin, 19 September 2022 | 22:12 WIB
indonesia-jadi-satu-satunya-wakil-asean-yang-lolos-ke-piala-asia-u20-2023-dengan-status-juara-grup
Timnas U20 Indonesia merayakan gol Marselino Ferdinand dalam pertandingan melawan Vietnam pada kualifikasi Piala Asia U20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022). Indonesia menang 3-2 dan berhak lolos ke Piala Asia U20 2023. (Sumber: PSSI)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang melaju ke Piala Asia U20 2023 dengan status juara grup. Kepastian itu didapatkan usai Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 3-2 dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Tiga gol Timnas U20 Indonesia yang bersarang di gawang Vietnam dicetak oleh Marselino Ferdinan (60'), Muhammad Ferrari (82'), dan Rabbani Tasnim (85').  

Lalu, dua gol balasan Vietnam tercipta melalui bunuh diri Ferrari (66') dan aksi Dinh Xuan Tien pada menit ke-79.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia, Bagaimana Nasib Tim Asia Tenggara Lainnya


Kemenangan atas Vietnam pada Minggu malam, membuat Indonesia keluar sebagai juara grup dan berhak melaju ke Piala Asia U20 2023 yang akan digelar di Uzbekistan.

Wakil ASEAN lainnya sekaligus pesaing Indonesia di babak kualifikasi, Vietnam, lolos ke putaran final lewat jalur runner-up terbaik.

Skuad muda Golden Star Warriors masuk ke dalam daftar lima runner-up terbaik bersama Kyrgystan (Grup J), Suriah (Grup D), China (Grup A), dan Thailand (Grup G).

Namun, dari kelima tim di atas, hanya Thailand yang masih belum aman. Posisi Thailand masih rawan dan terancam gagal ke putaran final Piala Asia.

Hal itu disebabkan karena Thailand masih harus menunggu hasil pertandingan Grup H yang baru akan dimainkan pada 14-18 Oktober mendatang.

Sementara Malaysia dipastikan gagal berangkat ke Uzbekistan karena mereka sudah tersisih di babak kualifikasi.

Harimau Malaya finis di peringkat ketiga Grup E dengan koleksi empat poin dari tiga pertandingan.

Nasib serupa juga dialami oleh Myanmar (Grup A), Laos (Grup C), Filipina (Grup G), Singapura (Grup I), Kamboja (Grup I), dan Brunei Darussalam (Grup J).

Baca Juga: Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U20, Shin Tae-yong Ungkap PR Utama yang Harus Dituntaskan


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x