Kompas TV internasional kompas dunia

Tak Hanya Manusia, Elang Berusia 15 Tahun Turut Amankan Pemakaman Elizabeth II di Westminster Abbey

Kompas.tv - 19 September 2022, 19:04 WIB
tak-hanya-manusia-elang-berusia-15-tahun-turut-amankan-pemakaman-elizabeth-ii-di-westminster-abbey
Suasana di luar Gereja Wesminster Abbey, London, Inggris Raya, saat prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin (19/9/2022). (Sumber: Hannah McKay/Pool Reuters via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II di London, Inggris Raya pada Senin (19/9/2022) diawasi dengan salah satu operasi pengamanan terbesar sepanjang sejarah negara itu. Bahkan, tak hanya manusia yang dilibatkan dalam operasi, seekor burung elang juga terlibat.

Elang itu bernama Rufus. Ia secara khusus dipelihara oleh otoritas Gereja Westminster Abbey.

Pawang Rufus, Wayne Davis menyebut burung elang Harris itu telah mengamankan kompleks Westminster Abbey sejak Kamis (15/9) kemarin.

Kata Davis, Rufus berpatroli di sekitar Westminster Abbey untuk mencegah kawanan merpati mengganggu jalannya prosesi. Pasalnya, burung merpati dikhawatirkan bisa merusak alat-alat yang digunakan dalam operasi pengamanan.

Baca Juga: Pengamanan Pemakaman Ratu Elizabeth II Ekstra Ketat, Operasi 'Cincin Baja' Diberlakukan di Inggris

Menurut Davis, elang berusia 15 tahun itu telah membantu pihak Westminster Abbey sejak 1998 silam.

“Ini sureal. Saya belum pernah menyaksikan sesuatu semacam ini. Saya terlibat di Olimpiade (2012), Wimbledon, tetapi ini berbeda,” kata Davis dikutip Telegraph.

“Kami proaktif. Saya naik ke atap untuk mengontrol jumlah merpati. Dia (Rufus) biasanya mengenakan lonceng, tetapi mereka terlalu berisik jadi saya harus melepaskannya,” lanjutnya sambil membawa Rufus di kompleks Westminster Abbey, Senin (19/9).

Operasi pengamanan pemakaman Ratu Elizabeth II sendiri disebut sebagai operasi terbesar sepanjang sejarah kepolisian London.

Operasi ini melibatkan lebih dari 10.000 personel, dengan personel dari departemen-departemen lain di Inggris Raya turut diperbantukan.

Kepolisian mesti bekerja keras karena diperkirakan ada ratusan ribu hingga satu juta orang memadati London ketika upacara pemakaman Elizabeth II.

Selain itu, kepolisian juga mesti mengamankan sekitar 500 tamu penting luar negeri yang hadir. Ratusan ningrat, kepala negara, serta utusan pemerintahan diundang menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Upacara Militer Iringi Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey



Sumber : Kompas TV/Telegraph

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.