Kompas TV internasional kompas dunia

Big Ben Berdentang 96 Kali saat Ratu Elizabeth II Diantar ke Westminster Abbey

Kompas.tv - 19 September 2022, 17:37 WIB
big-ben-berdentang-96-kali-saat-ratu-elizabeth-ii-diantar-ke-westminster-abbey
Iringan jenazah Ratu Elizabeth II saat dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey, Senin (19/9/2022) petang waktu Indonesia. Di latar belakang, terlihat Menara Elizabeth dengan lonceng Big Ben. Lonceng berdentang 96 kali saat prosesi pengiringan jenazah Ratu Elizabeth II untuk memperingati 96 tahun hidup sang ratu. (Sumber: Jeff Spicer/Pool Getty Images via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Big Ben, salah satu lonceng terbesar di Inggris Raya, berdentang 96 kali saat prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022) waktu Indonesia. Lonceng di Menara Elizabeth, kompleks Istana Westminster, berdentang seiring melintasnya iring-iringan pengantar jenazah sang ratu dari Westminster Hall ke Gereja Westminster Abbey.

Jenazah Ratu Elizabeth II diarak dari Westminster Hall mulai pukul 10.44 waktu setempat atau 16.44 WIB. Kereta jenazah sang ratu dikawal oleh 142 personel Angkatan Laut Inggris Raya serta keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III.

Prosesi pengiringan jenazah Elizabeth II dari Westminster Hall ke Westminster Abbey memakan waktu sekitar delapan menit.

Baca Juga: Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey Dimulai, Berikut Prosesinya

Lonceng Big Ben dibunyikan sebanyak 96 kali untuk memperingati masa hidup Ratu Elizabeth II. Sang ratu, lahir pada 21 April 1926, wafat pada 8 September lalu pada usia 96 tahun. Ia merupakan pemimpin monarki terlama sepanjang sejarah Inggris Raya.

Selain Big Ben, lonceng tenor di Westminster Abbey juga dibunyikan 96 kali. Lonceng ini berbunyi sekali per menitnya, total selama 96 menit hingga prosesi kebaktian pemakaman Ratu Elizabeth II dimulai pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB.

“Lonceng tenor itu adalah yang terbesar di antara sepuluh lonceng Abbey dan secara tradisi dibunyikan ketika kematian anggota Keluarga Kerajaan,” demikian tulis pernyataan Westminster Abbey dikutip Telegraph.

Upacar pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey akan berlangsung hingga pukul 11.55 waktu setempat atau 17.55 WIB. Jenazah kemudian akan dibawa ke Wellington Arch, dimasukkan ke mobil jenazah, lalu dimakamkan di Istana Windsor.

Baca Juga: Putra dan Putri Pangeran William akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x