Kompas TV internasional kompas dunia

Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey Dimulai, Berikut Prosesinya

Kompas.tv - 19 September 2022, 17:16 WIB
upacara-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-di-westminster-abbey-dimulai-berikut-prosesinya
Dua mantan perdana menteri Inggris Raya, Theresa May dan David Cameron (tengah) duduk bersama pasangan mereka, menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Gereja Westminster Abbey, London, Inggris Raya, Senin (19/9/2022). (Sumber: Gareth Fuller/Pool PA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Gereja Westminster Abbey dimulai pada Senin (19/9/2022) pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB petang ini.

Sebelumnya, jenazah sang ratu diangkut menggunakan kereta meriam dari Westminster Hall, menempuh perjalanan beberapa menit ke gereja.

Peti jenazah sang ratu dikawal oleh personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris Raya serta keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III.

Di Westminster Abbey, ratusan pelayat telah menunggu, termasuk ratusan ningrat, kepala negara, serta perwakilan berbagai pemerintahan luar negeri.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden termasuk pejabat yang hadir di Westminster Abbey.

Baca Juga: Iringan Jenazah Ratu Elizabeth II Berangkat dari Westminster Hall, Raja dan Keluarga Jalan Kaki


Upacara pemakaman yang dimulai pukul 17.00 WIB ini dipimpin oleh Diaken Westminster Pendeta David Hoyle.

Kebaktian dinyanyikan oleh Paduan Suara Westminster Abbey dan Paduan Suara Kapel Kerajaan dari Istana St. James.

Sebelum kebaktian, lonceng Gereja Westminster Abbey dibunyikan selama 96 kali, satu denting per menitnya. Angka itu mencerminkan 96 tahun hidup Ratu Elizabeth II di dunia.

Upacara pemakaman ini juga dihadiri oleh perwakilan dari gereja-gereja di Inggris Raya, termasuk gereja dari konstituen kerajaan, yakni Gereja Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Setelah kebaktian di Westminster Abbey, peti jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa ke Wellington Arch. Dari tempat ini, jenazah akan dibawa menggunakan mobil ke Istana Windsor untuk dimakamkan.

Baca Juga: Momen Kedatangan Para Pemimpin Dunia di Inggris, Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II Sore Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x