Kompas TV regional berita daerah

Kreatif, Lukisan Sketsa Wajah dari Pelepah Pisang

Kompas.tv - 19 September 2022, 13:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Seorang pria asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berkreasi dengan mengubah pelepah pisang menjadi benda yang bernilai ekonomi. Sekilas gambar-gambar ini tampak dibuat dari pensil, tapi siapa sangka sketsa-sketsa wajah ini terbuat dari pelepah pisang. 

Seorang pria yang membuatnya adalah Sri Mulyanto, warga Desa Keser, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ia mampu mengubah pelepah batang pisang yang semula tak terpakai menjadi sebuah lukisan sketsa wajah bernilai ekonomi tinggi.

Hasil karya Sri Mulyanto kebanyakan merupakan sketsa wajah tokoh-tokoh Nasional Indonesia. Sri Mulyanto mengaku mulai membuat karya seni pelepah batang pisang ini sejak Tahun 2012. 

Saat itu dirinya yang habis mengalami kecelakaan lalu lintas terpaksa keluar dari pekerjaannya. Bingung tidak bisa bekerja, ia lalu memiliki ide membuat lukisan pelepah batang pisang yang banyak ditemukan di sekitar rumahnya. Berkat keuletannya, Sri Mulyanto meraih kesuksesan. Dan sejumlah karyanya banyak dipesan dari sejumlah daerah.

"Sejak Tahun 2012, setelah saya kecelakaan tidak bisa bergerak sama sekali sampai dua tahun. Ternyata saya mendapatkan ide dari pelepah pisang ini," ujar Sri Mulyanto.

"Awal mulanya saya bikin hanya semacam tempel-tempel saja, ternyata bisa mendapatkan hasil lukisan. Karena warnanya banyak gradasinya, maka saya coba pakai untuk melukis wajah, dan ternyata bisa," sahutnya.

Kini membuat sketsa wajah dari pelepah pisang menjadi mata pencaharian utama Sri Mulyanto. Untuk satu sketsa wajah biasanya diharga hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya. Saat ini, Sri Mulyanto berharap bisa memiliki galeri sendiri agar dapat menyimpan hasil karyanya.

#lukisan #blora #jawatengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x