Kompas TV nasional politik

Andi Arief: Kenapa Hasto Selalu Ungkit Kekalahan PDIP di Pilpres dan Pileg 2009?

Kompas.tv - 19 September 2022, 12:27 WIB
andi-arief-kenapa-hasto-selalu-ungkit-kekalahan-pdip-di-pilpres-dan-pileg-2009
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019. (Sumber: ANTARA/Aprillio Akbar)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mempertanyakan sikap dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang selalu bersikap sentimental dengan partai berlambang bintang mercy.

Salah satu yang ia pertanyakan ialah sikap dari Hasto yang selalu mengungkit kekalahan PDIP pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009 lalu. 

Baca Juga: Sekjen PDIP: Multipartai tak Memungkinkan Suara Parpol Naik 300 Persen seperti Demokrat pada 2009

"Apa yang menyebabkan Hasto dan PDIP selalu mengungkit kekalahan besar di pilpres dan Pileg 2009?" kata Andi seperti ditulis di akun Twitter @Andiarief_ dan Kompas TV sudah diizinkan untuk mengutipnya pada Senin (19/9/2022). 

Menurut dia, Hasto tak pernah percaya dengan hasil survei, sehingga selalu berprasangka buruk ketika PDIP menerima kekalahan di sebuah pesta demokrasi. 

"Karena tidak percaya survei, artinya gagal membaca apa keinginan perubahan dari masyarakat. Baru belakangan ini kan percayanya," ujarnya.  

Seperti diketahui, polemik ini muncul berawal dari pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY yang menyebutkan adanya tanda-tanda Pemilu 2024 tidak jujur dan tidak adil.


 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kemudian membalas pernyataan SBY tersebut dengan menyinggung Pemilu 2009. Dia menilai adanya upaya mencurangi secara masif dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

Di mana menurutnya, Demokrat yang mengalami kenaikan elektoral hingga 300% yang dianggap tak normal.

"Sistem multipartai seperti Indonesia yan sangat kompleks, dengan intensitas persaingan yang sangat tinggi sebenarnya tidak memungkinkan bagi parpol seperti Partai Demokrat untuk mengalami kenaikan 300 persen pada Pemilu 2009 yang lalu."

Baca Juga: Balas Hasto, Demokrat Sebut Kenaikan Suara 300 Persen di Pemilu 2009 karena Prestasi SBY

“Ini adalah sebuah anomali di dalam pemilu. Bayangkan ketika PDI Perjuangan berkuasa, kemudian juga dituduhkan macam-macam, berapa kenaikan suara PDI Perjuangan di dalam era multipartai yang juga sangat kompleks?" kata Hasto.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x