Kompas TV video vod

PLN Berencana Konversi Gas Elpiji 3 KG ke Kompor Listrik, DPR Minta Jangan Buru-buru

Senin, 19 September 2022 | 10:25 WIB

Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah bersama PT PLN sedang menggencarkan program konversi kompor gas menjadi kompor listrik induksi untuk rumah tangga.

Konversi ini jadi salah satu upaya mengurangi subsidi elpiji 3 kilogram.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyebut selama ini subsidi elpiji tabung gas melon banyak dinikmati golongan mampu, saat rapat dengan pendapat dengan Komisi VII DPR, 14 September lalu.

Dirut PLN, Darmawan Prasodjo menyebut telah menyiapkan program konversi tahun depan dengan menyasar 5 juta keluarga penerima manfaat.

Baca Juga: Rencana Kompor Listrik Gantikan Elpiji 3 Kg PLN: Program Konversi bisa Hemat APBN Rp 5,5 Triliun

Darmawan Prasodjo mengklaim, program konversi ini bisa menghemat anggaran negara.

Namun Wakil Ketua Komisi VII DPR, Maman Abdurrahman meminta PLN jangan buru-buru menetapkan konversi ini sebagai program nasional, karena perlu kajian panjang.

Sementara itu, sejumlah warga di Solo sudah menggunakan kompor listrik.

Mereka mengaku proses memasak lebih aman, cepat, dan bisa mengirit pengeluaran yang selama ini digunakan untuk membeli elpiji 3 kilogram.

Pemerintah akan mengurangi peredaran elpiji 3 kilogram, secara bertahap, terutama di wilayah yang sudah memperoleh jatah penyediaan paket kompor listrik induksi secara gratis, kepada masyarakat.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x