Kompas TV internasional kompas dunia

Ratu Elizabeth II Hari Ini Dimakamkan, Antrian Pelayat Ditutup dan Raja Charles Ungkap Penghargaan

Kompas.tv - 19 September 2022, 08:46 WIB
ratu-elizabeth-ii-hari-ini-dimakamkan-antrian-pelayat-ditutup-dan-raja-charles-ungkap-penghargaan
Persiapan akhir untuk pemakaman Ratu Elizabeth II dari Inggris mulai berjalan, antrian kini ditutup bagi warga untuk melayat, Raja Charles III mengucapkan terima kasih dan mengatakan sangat tersentuh atas penghormatan yang diberikan kepada Ibunya, Ratu Elizabeth II (Sumber: Buckingham Palace via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV — Persiapan akhir untuk pemakaman Ratu Elizabeth II dari Inggris mulai berjalan, antrian kini ditutup bagi warga untuk melayat dan memberi penghormatan terakhir jenazah Ratu Elizabeth II.

Seperti laporan Associated Press, Senin, (19/9/2022) antrian telah mencapai "kapasitas akhir" dan harus ditutup untuk pelayat baru.

"Tolong jangan mencoba untuk bergabung dengan antrian," kata Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga dalam tweet Minggu malam.

Ratusan ribu orang menunggu hingga 12 jam dalam antrean panjang bekilometer melalui pusat kota London dalam empat hari terakhir untuk kesempatan melewati peti mati ratu di Westminster Hall di Gedung Parlemen.

Peesemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall berakhir Senin pagi, peti jenazah ratu akan dibawa ke Westminster Abbey untuk upacara pemakaman kenegaraannya.

Raja Charles III mengeluarkan pesan terima kasih kepada orang-orang di Inggris dan di seluruh dunia, mengatakan dia dan istrinya Camilla, permaisuri ratu, “sungguh tersentuh” melihat besarnya kecintaan rakyat dan jumlah pelayat yang luar biasa memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Presiden AS Berikan Penghormatan Terakhir untuk Ratu Elizabeth II

Persiapan akhir untuk pemakaman Ratu Elizabeth II dari Inggris mulai berjalan, antrian kini ditutup bagi warga untuk melayat, Raja Charles III mengucapkan terima kasih dan mengatakan sangat tersentuh atas penghormatan yang diberikan kepada Ibunya, Ratu Elizabeth II (Sumber: AP Photo/Gregorio Borgia)

"Di London, Edinburgh, Hillsborough, dan Cardiff, kami sangat tersentuh oleh semua orang yang bersusah payah datang dan memberi penghormatan kepada jasa seumur hidup ibu saya tersayang, mendiang ratu," kata Charles dalam pesan yang dikeluarkan Minggu oleh Istana Buckingham.

“Ketika kita semua bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir kita, saya hanya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya yang telah memberikan dukungan dan penghiburan bagi keluarga saya dan saya sendiri di masa duka ini,” tambahnya.

Pada hari Senin, (19/9/2022), Raja Charles III dan bangsawan lainnya akan bergabung dengan sekitar 2.000 orang termasuk ratusan pemimpin dunia dan pejabat di Westminster Abbey untuk upacara pemakaman kenegaraan ratu.

Saat fajar merekah di London, rakyat di seluruh Inggris berhenti sejenak, mengheningkan cipta untuk mengenang Ratu Elizabeth II pada malam pemakamannya.

Pemerintah Inggris meminta rakyat untuk meluangkan satu menit untuk refleksi, baik di rumah, dengan tetangga atau dalam upacara yang diselenggarakan secara lokal.

Di Westminster Hall, tempat sang ratu terbaring, barisan pelayat terhenti selama 60 detik.

Baca Juga: Rumitnya Operasi Pengamanan Pemakaman Elizabeth II: 10.000 Lebih Polisi Siaga, Awasi Sejuta Orang

Mahkota Kekaisaran Inggris Raya atau The Imperial State Crown diletakkan di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II bersama Orb Kedaulatan dan tongkat kerajaan di Westminster Hall, London, Inggris Raya, Sabtu (17/9/2022). (Sumber: Carl Court/Pool Getty Images via AP)

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St. George yang berada di kompleks Kastil Windsor pada hari Senin setelah pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey di London yang dihadiri oleh keluarga kerajaan, kepala negara dan pejabat dari seluruh dunia.

Putra pangeran William dan Putri Catherine yang berusia 9 tahun, Pangeran George dan adiknya yang berusia 7 tahun, Putri Charlotte akan menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

George, yang sekarang berada di urutan kedua takhta, dan saudara perempuannya akan berjalan melalui Westminster Abbey bersama keluarga kerajaan dalam prosesi di belakang peti mati ratu seperti yang dibawa oleh pengusung jenazah Senin.

Urutan upacara pemakaman menunjukkan bahwa Pangeran George dan Putri Charlotte akan berjalan bersama di belakang orang tua mereka, diikuti Pangeran Harry dan istrinya Meghan, Duchess of Sussex, dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Adik laki-laki kerajaan berusia 4 tahun, Pangeran Louis, diperkirakan tidak akan hadir di pemakaman, yang akan dihadiri oleh sekitar 2.000 orang.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x