Kompas TV nasional politik

Balas Hasto, Demokrat Sebut Kenaikan Suara 300 Persen di Pemilu 2009 karena Prestasi SBY

Kompas.tv - 19 September 2022, 06:30 WIB
balas-hasto-demokrat-sebut-kenaikan-suara-300-persen-di-pemilu-2009-karena-prestasi-sby
 Koordinator Juru Bicara partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menanggapi tudingan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto soal adanya kecurangan di Pemilu 2009. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi tudingan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto soal adanya kecurangan pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang membuat suara Demokrat naik 300 persen di Pemilu 2009 silam.

Herzaky beralasan, prestasi pemerintahan SBY menjadi faktor melonjaknya elektoral Partai Demokrat. 

"Bang Hasto, Demokrat tahun 2009 suaranya bisa meningkat tiga kali lipat karena prestasi pemerintahan SBY yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat," kata Herzaky dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTV, Minggu (18/9/2022). 

Adapun prestasi era kepemimpinan SBY yang dimaksud yakni, rakyat miskin semakin sedikit, pengangguran semakin sedikit, gaji PNS termasuk guru dan TNI POLRI hampir tiap tahun meningkat.

"Daya beli masyarakat tinggi, pendapatan per kapita meningkat drastis, dan keuangan negara stabil. Bahkan utang minim. Pembangunan infrastruktur juga berjalan dengan baik," ujarnya.

Dia juga menyebut dalam hubungan antar-umat beragama dan antar suku bangsa pada era SBY itu sangat rukun. Kemudian, tidak ada polarisasi antar anak bangsa.

Begitu juga dengan oposisi, masyarakat sipil dan mahasiswa bebas mengkritik tanpa takut diintimidasi, apalagi dikriminaliasi.

"Ya makanya wajar saja, suara Demokrat tahun 2009 meningkat drastis," tegasnya.

"Jadi, rakyat benar-benar merasakan hasil pembangunan di pemerintahan era SBY. Bukan hanya dirasakan oleh segelintir pihak saja."

Sehingga, lanjut Herzaky, tidak ada Daftar Pemilih Tetap atau DPT 2009 yang bermasalah atau pun hasil pemilu yang dimanipulasi.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Multipartai tak Memungkinkan Suara Parpol Naik 300 Persen seperti Demokrat pada 2009



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.