Kompas TV nasional politik

Uji Pernyataan AHY soal Jokowi Tinggal Gunting Pita, Adian Napitupulu Beberkan Data

Kompas.tv - 18 September 2022, 21:27 WIB
uji-pernyataan-ahy-soal-jokowi-tinggal-gunting-pita-adian-napitupulu-beberkan-data
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu ketika ditemui di Warung Komando, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (19/1/2020). (Sumber: (KOMPAS.com/Devina Halim))

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu menguji pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tentang gunting pita infrastruktur pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Kita uji apakah pernyataan AHY itu kebenaran atau kebohongan," kata Adian melalui keterangan tertulis kepada KOMPAS.TV, Minggu (18/9/2022).

"Kita ambil contoh tiga jenis infrastruktur, semoga contoh ini cukup mewakili. Sebagai alat ukur awal kapan pembangunan, kita gunakan dari tahap konstruksi dimulai," imbuhnya.

Pertama, Andian menyebut tentang jalan tol yang dibangun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di periode 2005 hingga 2014.

"Mulai dari konstruksi hingga gunting pita total 189,2 km," ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, konstruksi jalan tol yang dimulai oleh pemerintahan SBY tapi diselesaikan oleh Presiden Jokowi total ada 222 km. 

"Kalau total panjang jalan tol yang dimulai era Jokowi tahun 2015 hingga nanti 2023 total sepanjang 2.290 km," jelasnya.

Baca Juga: Adian Pertanyakan Data AHY soal 70 Persen Proyek SBY Diresmikan Jokowi, Begini Jawaban Demokrat

Kedua, Andian menyebutkan data terkait infrastruktur bandara di Indonesia. 

Ia menyebut, pada akhir 2014 SBY telah menyelesaikan 24 bandara yang sebagian besar sudah dikerjakan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

"Jadi SBY hanya meneruskan sebagian lalu ikutan gunting pita, bukan membangun seluruhnya dari awal," terangnya.

Ia melanjutkan, Jokowi menyelesaikan tujuh bandara yang ground breaking (peletakan batu pertama) dilakukan oleh Presiden SBY, yaitu Kertajati, Tebelian, Muara Teweh, Buntukunik, Morowali, Miangas, dan Namniwel. 

"Adapun Bandara yang konstruksinya dimulai oleh Jokowi sejak 2015 dan akan selesai 2023 total ada 31 bandara," imbuhnya.


 

Baca Juga: Demokrat: Pernyataan Adian Napitupulu adalah Penyesatan Logika

Ketiga, Andian menyampaikan data terkait pembangunan bendungan di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x