Kompas TV nasional peristiwa

Profil Azyumardi Azra: Ketua Dewan Pers dan Orang Bergelar "Sir" Pertama dari Indonesia

Kompas.tv - 18 September 2022, 13:35 WIB
profil-azyumardi-azra-ketua-dewan-pers-dan-orang-bergelar-sir-pertama-dari-indonesia
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia setelah terkena serangan jantung dalam perjalanannya ke Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (18/9/2022). (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu (19/8/2022) pukul 12.30 waktu setempat.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Prof Azyumardi meninggal dunia. Posisi di Serdang Hospital,” kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar, di Kuala Lumpur, Minggu (18/9).

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dirawat Intensif di Malaysia, Belum Bisa Pindah RS, Kenapa?

Azyumardi melawat ke Malaysia untuk memenuhi undangan dari ABIM (Angkatan Belia Islam Malaysia) dalam acara Konferensi Internasinal Kosmopolitan Islam yang berlangsung di Selangor, Sabtu (17/9) kemarin.

Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur pukul 15.33 waktu setmpat. Shazni mengaku sempat berkomunikasi dengan Azyumardi lewat WhatsApp. 

Akan tetapi, hanya berjelang beberapa jam, Azyumardi langsung dilarikan ke rumah sakit karena terkena serangan jantung. 

Profil Azyumardi Azra

Sebelum didapuk sebagai Ketua Dewa Pers periode 2022-2025, Azyumardi lebih dikenal sebagai seorang cendikiawan musim Indonesia. Ia adalah mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1998-2006).

Menariknya, Azyumardi pernah mendapatkan gelar kehormatan Commander of the Order of British Empire, sebuah titel dari Kerajaan Inggris. Hal itu menjadikannya sebagai orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar "Sir". 

Karier Azyumardi dimulai ketika masuk sebagai mahasiswa sarjana di Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta 1982 silam.

Setelahnya, Azyumardi mendapatkan kesempatan menempuh S2 di Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah Columbia University tahun 1988. 

Di kampus yang sama, Azyumardi memenangkan beasiswa Clumbia Presiden Fellowship dan pindah ke Departemen Sejarah. Di sana, Azyumardi memeroleh gelar Master of Art (MA) pada tahun 1989. 

Baca Juga: Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia, Sempat Terkena Serangan Jantung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x