Kompas TV nasional peristiwa

Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia Saat Hendak Memenuhi Undangan Anwar Ibrahim

Minggu, 18 September 2022 | 13:04 WIB
prof-azyumardi-azra-meninggal-dunia-di-malaysia-saat-hendak-memenuhi-undangan-anwar-ibrahim
Anggota Dewan Pers Tri Agung Kristanto saat diwawancari perihal wafatnya Azyumardi Azra dalam program Kompas Siang di Kompas TV, Minggu (18/9/2022). Azyumardi yang juga Ketua Dewan Pers meninggal dunia Minggu siang sekitar pukul 11.30 WIB di Malaysia. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV – Sebelum meninggal dunia, Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra berencana memenuhi undangan dati Anwar Ibrahim, pemimpin oposisi Malaysia.

Hal itu disampaikan oleh anggota Dewan Pers, Tri Agung Kristyanto, dalam dialog Kompas Siang, Kompas TV, Minggu (18/9/2022).

“Kita kehilangan tokoh besar dan sekaligus Ketua Dewan Pers. Beliau meninggal 11.30 WIB atau 12.30 WIB di RS Selangor,” jelas dia.

“Kunjungan ke Malaysia itu dalam rangka  menuhi undangan dari Anwar Ibrahim untuk menjadi pembicara dalam beberapa kegiatan di Malaysia.”

Menurutnya, Azra terkena serangan jantung 30 menit sebelum pesawat mendarat.

Baca Juga: Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia, Sempat Terkena Serangan Jantung

Sebelum berangkat, lanjut Agung, Azra dalam kondisi yang sehat, namun diduga mengalami kelelahan.

Sebelum ke Malaysia, Prof Azra--penerima penghargaan the Commander of the British Empire (CBE Award) dari Ratu Elizabeth II ini, mengunjungi banyak acara yang di Sumatera Barat, yang merupakan tanah kelahirannya.

“Pulang, istirahat sebentar, kemudian ada undnagan ke Malaysia dan beliau langsung berangkat.”

Sebelumnya diberitakan Kompas TV, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Hospital Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Kabar meninggalnya Prof Azyumardi tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya, yang dihubungi Kompas TV.

“Betul.  Innalillahi wainnailahi rojiun. Beliau meninggal tadi pukul 12.30 waktu setempat di Malaysia,” tuturnya melalui pesan suara Whatsapp.

“Mohon maaf lahir dan batin kalau ada khilaf dan salah beliau.”

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dirawat Intensif di Malaysia, Belum Bisa Pindah RS, Kenapa?

Saat ini, pihaknya masih menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai rencana kedatangan jenazah dan proses pemakaman.

“Kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut rencana kedatangan jenazah, rencana disemayamkan di mana dan bagaimana pemakamannya,” lanjut Agung.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
1-0 dari 0 komentar
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x