Kompas TV video vod

Isu Jokowi Cawapres 2024, Perludem: Bentuk Kemunduran Demokrasi dan Pengkhianatan Amanat Rakyat!

Kompas.tv - 17 September 2022, 23:02 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota dewan pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini menyebut isu Presiden Jokowi maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada pemilu 2024 adalah bentuk kemunduran demokrasi dan pengkhianatan terhadap amanat rakyat.

“bukan hanya bentuk kemunduran demokrasi tapi juga pengkhianatan terhadap amanat rakyat.” Kata Titi, Sabtu (17/9/2022).

Titi mengatakan presiden yang sudah menjabat selama dua periode tidak dapat dicalonkan sebagai presiden maupun wakil presiden, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Pemilu Pasal 169 huruf n nomor 7 tahun 2017.

Baca Juga: Perludem Kritik Parpol, Mending Lahirkan Tokoh Alternatif Dibandingkan Tarik Jokowi Jadi Cawapres

Selain itu, pencalonan kembali capres maupun cawapres yang sudah menjabat selama dua periode dinilai mengingkari konsep ketentuan pemilu.

“kita lihat gagasan ini kan bertentangan dengan Pasal 169 huruf n UU Pemilu nomor 7 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa salah satu syarat menjadi capres dan cawapres adalah yg tidak pernah menjabat sebagai capres atau cawapres selama 2 periode.” Katanya.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.