Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Ketiga Persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, Pelayat Rela Antre hingga 16 Jam

Sabtu, 17 September 2022 | 20:21 WIB
hari-ketiga-persemayaman-ratu-elizabeth-ii-di-westminster-hall-pelayat-rela-antre-hingga-16-jam
Jurnalis Harian Kompas di London, Denty Piawai Nastitie saat menyampaikan laporan pada Sabtu (17/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Warga masih memadati area sekitar Westminster Hall, London, Inggris Raya untuk melayat ke upacara persemayaman Ratu Elizabeth II.

Menurut laporan jurnalis Harian Kompas di London, Denty Piawai Nastitie, antrean pada Sabtu (17/9/2022) siang waktu setempat mencapai lebih dari sembilan kilometer.

Ratu Elizabeth II sendiri disemayamkan di Westminster Hall sejak Rabu (14/9). Jenazah sang ratu akan disemayamkan hingga dimulainya prosesi pemakaman di Westminster Abbey, mulai Senin (19/9) pagi waktu setempat.

Denty melaporkan, antrean pelayat membuat otoritas terkait mengimbau warga agar tidak memperpanjang antrean. Per Sabtu (17/9) siang waktu setempat atau petang waktu Indonesia, pelayat membutuhkan waktu sekitar 16 jam untuk mengantre melihat jenazah Ratu Elizabeth II.

Pada Jumat (16/9) kemarin, antrean bahkan sempat ditutup karena kelebihan kapasitas.

Baca Juga: Pelayat Rela Antre Berjam-jam Demi Beri Penghormatan Terakhir ke Ratu Elizabeth II

Persemayaman Ratu Elizabeth II sendiri menarik perhatian berbagai elemen masyarakat. Bintang sepak bola Inggris, David Beckham termasuk tokoh yang rela antre untuk memberi penghormatan terakhir kepada Elizabeth II.

Bintang sepak bola Inggris, David Beckham saat berbicara pada media usai memberikan penghormatan bagi Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, London, Inggris, Jumat (16/9/2022). (Sumber: AP Photo/Markus Schreiber)

Eks Manchester United itu dilaporkan mesti mengantre hingga 12 jam lebih untuk masuk ke Westminster Hall pada Jumat (16/9) lalu.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Duka Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, David Beckham Teteskan Air Mata

Menurut laporan Denty, dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, antrean antara warga biasa dengan pejabat atau selebritas tidak dibedakan. Pembedaan antrean hanya diberlakukan pada warga difabel.

“Warga disabilitas memiliki antrean khusus, sementara warga lainnya memang menjadi satu di satu barisan yang panjangnya sudah lebih dari 8 kilometer dan melewati berbagai ikon kota London seperti Tower Bridge, Sungai Thames,” kata Denty dalam program “Kompas Petang” Kompas TV.

Lebih lanjut, Denty menambahkan bahwa pengamanan di Westminster Hall sangat ketat. Terlebih lagi menyusul insiden seorang pemuda yang merangsek ke peti jenazah sang ratu lalu ditangkap aparat pada Jumat (16/9).

Pelayat dilaporkan hanya boleh membawa tas berukuran kecil dan tidak boleh memotret di dalam Westminster Hall. 

Sementara itu, mengenai prosesi pada hari ketiga persemayaman di Westminster Hall, Pangeran William dan Pangeran Harry akan hadir untuk prosesi vigil (menjaga peti mati) Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Momen Raja Charles III Pimpin 3 Adiknya Jaga Peti Mendiang Ratu Elizabeth II di Westminster Hall


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x