Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Pangeran Harry Bisa Pakai Seragam Militer Ternyata berkat Permintaan Raja Charles III

Sabtu, 17 September 2022 | 17:00 WIB
terungkap-pangeran-harry-bisa-pakai-seragam-militer-ternyata-berkat-permintaan-raja-charles-iii
Pangeran Harry menggunakan seragam militer Inggris pada 2019. Pangeran Harry diizinkan menggunakan seragam militer pada malam penjagaan Ratu Elizabeth II karena permintaan Raja Charles III. (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, pool)

Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Ternyata penyebab Pangeran Harry bisa memakai seragam militer saat malam penjagaan Ratu Elizabeth II adalah berkat Raja Charles III.

Secara pribadi, Raja Charles III meminta agar Pangeran Harry bisa memakai seragam militer pada upacara penghormatan khusus Ratu Elizabeth II, Sabtu (17/9/2022).

Sebelumnya, Pengeran Harry sempat dilarang menggunakan seragam militer pada peringatan di Aula Westminster itu karena ia bukan lagi bangsawan yang bertugas.

Padahal saat bergabung dengan militer Inggris, Pangeran Harry, 38 tahun, melakukan dua tur ke Afghanistan untuk bertugas.

Baca Juga: Sempat Dilarang, Pangeran Harry Bisa Pakai Seragam Militer saat Malam Penjagaan Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry dan kakaknya, Pangeran William, akan menjadi salah satu dari delapan cucu Ratu Elizabeth yang akan berdiri dalam diam selama 15 menit di samping peti mati Ratu Elizabeth II.

Dikutip dari Mirror, terungkap bahwa Raja Charles III telah berbicara langsung dan secara pribadi kepada kedua anaknya, meminta mereka menggunakan seragam militer.

Ini akan menjadi pertama kalinya Pangeran Harry diizinkan menggunakan seragam militer lagi, meski tak lagi menjadi bangsawan Kerajaan Inggris yang bekerja.


Sebelumnya saat pemakaman Pangeran Phillip, Ratu memutuskan semua lelaki anggota kerajaan mengenakan pakaian rapih, ketimbang seragam militer.

Namun, Raja Charles secara pribadi menyatakan bahwa putra-putranya harus mengenakan seragam militer mereka. Charles menekankan bahwa hal itu adalah keinginan sang Ratu agar William dan Harry mengenakan seragam militer mereka.

Seorang juru bicara Pangeran Harry bersikeras bahwa ia tak memohon kepada ayahnya untuk tak mengenakan seragam itu.

Baca Juga: Israel Disebut Kian Mesra dengan Negara Arab, Terungkap Kerja Sama Keamanan Semakin Berkembang

“Tak mengagetkan Raja mengintervensi dengan cara ini. Ia sangat menghormati kedua putranya, dan dedikasi untuk karier militer mereka,” ujar sumber kerajaan.

“Duke of Sussex akan mengenakan seragamnya sebagai tanda hormat untuk nenek tersayang, tetapi juga untuk Ratu dan negara yang ia layani selama satu dekade. Semua keluarga percaya itu adalah keputusan yang tepat, tentu saja,” tambahnya.

Pangeran Harry sendiri, meski merupakan mantan perwira militer, belakangan ini kerap menggunakan baju warga sipil dalam sejumlah acara.

Termasuk ketika ia berjalan di belakang peti mati neneknya pada Rabu (14/9/2022) saat dibawa ke Aula Westminster untuk disemayamkan.

 


Sumber : Mirror

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x