Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Penerbangan Langsung dari Pulau Jeju Korea ke Manado Dibuka Desember 2022, Durasi Sekitar 5 Jam

Kompas.tv - 17 September 2022, 12:38 WIB
penerbangan-langsung-dari-pulau-jeju-korea-ke-manado-dibuka-desember-2022-durasi-sekitar-5-jam
Ilustrasi - Indonesia membuka rute penerbangan langsung antara Pulau Jeju, Korea Selatan dan Manado, Sulawesi Utara. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

MANADO, KOMPAS.TV – Indonesia membuka rute penerbangan langsung antara Pulau Jeju, Korea Selatan dan Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Penerbangan perdana akan dilangsungkan pada Desember mendatang.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan, kesepakatan yang tercapai antara Pemerintah Provinsi Sulut dan maskapai Jeju Air sangatlah bersejarah karena belum pernah dilakukan pemerintah daerah mana pun sebelumnya.

“Desember nanti, kalau semua proses berlangsung lancar, pesawat Jeju Air akan bisa terbang perdana dari Korea (Selatan) menuju Manado,” ujar Gandi, Jumat (16/9/2022), dikutip dari Kompas.id.

Menurut Gandi, konektivitas Jeju-Manado dapat menggerakkan kembali pariwisata Indonesia yang babak belur akibat pandemi.

Pada 2019, sebanyak 16,11 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia. Namun, pada 2021, kunjungan merosot jauh ke angka 1,65 juta wisatawan saja.

Setelah pandemi mereda, minat wisman melancong ke Indonesia belum pulih. Selama Januari-April 2022 hanya sekitar 111.000 wisman yang tercatat masuk ke Indonsia.

“Ini keadaan yang memilukan, tetapi dengan pandemi yang kita harapkan segera berakhir, sedikit demi sedikit akan ada lagi turis Indonesia ke Korea, dan sebaliknya,” ungkapnya.


Baca Juga: Sumbar dan Bali Akan Miliki Rute Penerbangan Langsung

Untuk sementara, Jeju Air hanya akan melayani penerbangan pergi-pulang dari Pulau Jeju ke Manado. Namun, Jeju Air meminta dibuka pula penerbangan ke Jakarta, Bali, Batam, Pulau Lombok, dan Yogyakarta.

Adapun Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, Sulut dapat menjadi simpul penghubung antara Korea Selatan dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Pasalnya, lama tempuh perjalanan dari Jeju ke Manado hanya sekitar lima jam, jauh lebih singkat ketimbang ke Jakarta yang dapat memakan waktu lebih dari 11 jam.

“Manado sangat mungkin menjadi hub. Dari Manado ke Bali, misalnya, kalau (penerbangan) langsung hanya sekitar 1,5 jam. Bisa lebih nyaman karena tidak makan waktu terlalu panjang,” jelasnya.

Para wisatawan dari Korea Selatan juga tak perlu khawatir kesulitan mendapatkan visa karena fasilitas visa saat kedatangan (visa on arrival/VOA) tersedia di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Infrastruktur terkait pariwisata juga sudah mumpuni, terutama hotel.

Ia meyakini, gelombang wisatawan dari Manado ke Korea Selatan akan sangat besar. Apalagi, menurut dia, terdapat beberapa kesamaan kultural antara Sulut dan Korea Selatan.

”Kalau di sini (Korea Selatan) banyak ginseng, di Sulut juga ada ginseng. Di sini ada soju, di Sulut ada cap tikus,” ujarnya berkelakar.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemprov Sulawesi Utara dan Jeju Air, maskapai penerbangan asal Korea Selatan, dilaksanakan di rumah Dubes Indonesia untuk Korsel di Seoul, Jumat (16/9/2022).

MoU itu ditandatangani oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Chief Executive Officer (CEO) Jeju Air Kim E-bae.

Acara yang disiarkan melalui konferensi video itu juga dihadiri Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri setelah ia menjadi pembicara dalam Jeju Peace Forum.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x