Kompas TV nasional peristiwa

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dirawat Intensif di Malaysia, Belum Bisa Pindah RS, Kenapa?

Kompas.tv - 17 September 2022, 12:05 WIB
ketua-dewan-pers-azyumardi-azra-dirawat-intensif-di-malaysia-belum-bisa-pindah-rs-kenapa
Ketua Dewan Pers Prof. Azyumardi Azra ketika membuka acara Peluncuran Hasil Survei Indeks Kemerdekaan Pers 2022, dipantau di platform Zoom Meeting, dari Jakarta, Kamis (25/8/2022). (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Selangor, Malaysia, Sabtu (17/9/2022).

Diketahui, Azra mengalami sesak napas saat berada dalam pesawat menuju ke Malaysia. Setibanya di Bandara Kuala Lumpur, dia langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Alami Sesak Napas di Pesawat Saat Menuju Malaysia, Begini Kondisinya

Duta Besar (Dubes) RI untuk Malaysia Hermono mengatakan bahwa ada rencana memindahkan Azra dari Rumah Sakit Selangor ke rumah sakit lain di Kuala Lumpur.

Sayangnya, hal tersebut belum bisa dilakukan. Dilaporkan Antara, Azra masih harus menunggu persetujuan dari pihak rumah sakit yang akan menerima pasien.

Selain itu, mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain karena kondisinya belum stabil.

Saat ini, Azyumardi Azra dirawat di ruang zona merah yang khusus digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

Keluarga Azra juga sudah dihubungi dan tengah dalam perjalanan menuju Kuala Lumpur.


Baca Juga: Permintaan DK PWI dan Dewan Pers kepada Wartawan soal Kasus Penembakan Brigadir J

Kronologi Ketua Dewan Pers Dilarikan ke RS

Diketahui bahwa Azyumardi Azra tengah melakukan kunjungan kerja ke Malaysia. Dia mendapatkan undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk hadir di Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam.

Konferensi tersebut digelar di Selangor, hari ini, Sabtu (17/9/2022).

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz mengatakan bahwa Azra akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Sejatinya, peraih gelar Master of Art (MA) dari Columbia University itu akan bersanding dengan pembicara-pembicara lain dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang bertugas menjemput cendekiawan muslim itu di Bandara Internasional Kuala Lumpur, mengaku sempat berkomunikasi melalui WhatsApp setelah pesawat tiba.

Baca Juga: Dewan Pers Kecam Tindakan Oknum Intimidasi Jurnalis saat Meliput Kasus Penembakan Brigadir J

Namun dia tidak sempat bertemu dengan Azra karena Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 itu langsung dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Azra dilarikan ke Departemen Trauma dan Gawat Darurat Rumah Sakit Serdang, Selangor, pada Jumat sore.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x