Kompas TV regional berita daerah

Merawat Keberagaman Poso Dari Desa Pinedapa

Kompas.tv - 17 September 2022, 10:42 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Ratusan pemuda dari 24 desa di Kabupaten Poso mengikuti festival keberagaman di Desa Pinedapa Kabupaten Poso pada rabu hingga jumat. Festival ini bertakjuk merawat keberagaman di Kabupaten Poso.

Ada sekitar 168 anak muda yang berasal dari 24 desa di Kabupaten Poso, mengikuti festival budaya. Festival budaya itu digelar di Desa Pinedapa Kecamatan Poso pesisir Kabupaten Poso.

Para anak muda ini kemudian melakukan jelajah budaya mengenal 16 suku yang ada di Desa Pinedapa, kemudian para tokoh agama dan pemerintah desa ikut membubuhkan tanda tangan di piagam keberagaman, penandatangan itu diikuti para peserta festival budaya.

Fesival berlangsung selama tiga hari dan terpusat di lapangan Desa Pinedapa. Pada malam hari kegiatan dilanjutkan dengan musik dan tarian khas 16 suku yang berada di Desa Pinedapa.

Festival kemudian ditutup dengan tarian dero, tarian ini melambangkan kebersamaan. Semua peserta dapat ikut dengan berpegangan tangan antar satu dan lainnya kemudian melangkah membentuk lingkaran.

#FestivalBudaya #DesaPinedapa #KabupatenPoso 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x