Kompas TV religi beranda islami

Petunjuk Al-Qur'an dan Hadis, 4 Hal ini Bikin Doa Mudah Dikabulkan

Kompas.tv - 17 September 2022, 16:05 WIB
petunjuk-al-qur-an-dan-hadis-4-hal-ini-bikin-doa-mudah-dikabulkan
Ilustrasi doa. ada beberapa etika doa yang sering dilupakan, padahal itu kunci dikabulkan doa (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mungkin ada sebagian dari kita kerap mengeluh, kenapa doa-doa yang dipanjatkan belum juga diterima oleh-Nya? Hal itu bisa jadi, kita melupakan tata cara dalam berdoa. 

Padahal petunjuk diterimanya sebuah doa sudah diterangkan dalam hadis Nabi Muhammad dan kitab suci Al-Qur'an. Jika mengikuti keduanya, niscaya doa-doa kita akan lebih mudah dikabulkan. 

Dikutip dari buku Kumpulan Doa Sehari-hari (Subdit PHBI Bimas Islam Kemenag, 2013) diterangkan tentang empat tata cara doa yang bisa kita amalkan tiap hari.

Tata cara doa ini berdasarkan petunjuk dari hadis Nabi Muhammad dan Al-Qur'an. Lewat ikhtiar ini, harapannya hajat dan doa-doa kita akan lebih mudah sampai kepada-Nya. 

Dalam Islam, doa adalah bentuk langsung komunikasi hamba kepada Tuhannya. Berikut empat langkah doa agar hajat kita dikabulkan oleh-Nya. 

Baca Juga: Jangan Maklum dengan Pikun, Hindari dengan Mengamalkan Doa Ini

4 Cara Berdoa

Pertama, Dianjurkan Ketika Doa untuk Menghadap kiblat 

Dalam buku itu disebutkan, ini merupakan langkah pertama agar doa mudah dikabulkan. Hal ini berdasarkan sebuah hadis Nabi yang artinya:"Rasulullah datang ketempat wuquf diArafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari

Kedua, Membaca hamdalah atau pujian, Istighfar dan Selawat 

Langkah di atas merupakan cara selanjutnya, yakni sebelum mengutarakan doa kita, maka sebaiknya membaca hamdalah atau pujian terselebih dahulu, lantas memohon ampunan (istigfar) dan membaca selawat kepada Nabi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.