Kompas TV video vod

Jokowi Minta Pejabat Pakai Mobil Listrik, Pakar: Lebih Penting Membangun Ekosistem Industri

Jumat, 16 September 2022 | 23:00 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Instruksi Presiden Jokowi yang meminta seluruh pejabat menggunakan mobil listrik disambut positif kepala daerah. Salah satunya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Meski demikian kebijakan ini sepatutnya harus memperhatikan kesiapan banyak hal termasuk soal ketersediaan anggaran daerah.

Baca Juga: Kepala Sekretariat Presiden: Istana Kepresidenan di IKN akan Pakai Mobil Listrik

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Jokowi mengatakan penggunaan kendaraan dinas operasional dapat dilakukan melalui skema pembelian, sewa, dan/atau konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Aturan penggunaan kendaraan listrik ini sejalan dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau yang memiliki slogan KBLBB untuk mencapai zero net emission di Indonesia pada 2060.

Pakar Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi mengatakan, upaya Presiden Jokowi bagus tapi tidak memadai.

Menurut Fahmy, jika hanya impor mobil maka jauh lebih penting membangun ekosistem industri.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x