Kompas TV nasional peristiwa

Meski Tandatangani MoU dengan Kemendag, Jaksa Agung: Ini Tidak Hentikan Perkara yang Berjalan

Kompas.tv - 16 September 2022, 16:28 WIB
meski-tandatangani-mou-dengan-kemendag-jaksa-agung-ini-tidak-hentikan-perkara-yang-berjalan
Jaksa Agung Saniter Burhanuddin berikan keterangan pers seusai menandatangani nota kesepahaman dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Jumat (16/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jaksa Agung Saniter Burhanuddin menegaskan nota kesepahaman dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) tidak akan menghentikan perkara hukum yang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung) di kementerian tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Jaksa Agung Saniter Burhanuddin seusai menandatangani nota kesepahaman dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Jumat (16/9/2022).

“Jangan berpikir ya, MoU ini menghentikan perkara yang sedang berjalan, tolong garis bawahi ya, MoU ini tidak menghentikan perkara yang sedang berjalan,” tegas Burhanuddin usai pertemuan seperti dipantau pada tayangan Kompas TV.

Menurut Burhanuddin, MoU yang ditandatanganinya dengan Mendag dilakukan agar tindak pidana korupsi di kementerian tersebut tidak lagi terjadi.

Baca Juga: Pakar Pidana: Terkait Dakwaan Pasal 340 KUHP, Jaksa Berpeluang Dikuliti Penasihat Hukum Ferdy Sambo

“Yang terjadi bagi kami adalah memperbaiki jangan sampai terjadi lagi itu, jadi kita akan terus untuk garam dan besi, masih berjalan, tapi juga akan melibatkan teman-teman di perdagangan,” ujarnya.

“Tetapi tolong garis bawahi, bahwa bukan untuk menyelesaikan masalah yang itu, tapi bagaimana kedepannya tidak terjadi lagi kebocoran itu.”

Merespons pernyataan Burhanuddin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun menyatakan hal senada.

“Ini bukan urusan dengan kasus ya, kasus itu kita akan bantu sepenuhnya Kejaksaan, agar yang salah ya dihukum,” tegas Zulhas, sapaan akrabnya.


“Ini kita ingin perbaikan yang akan datang, jangan sampai salah lagi, masa jatuh dua kali, justru itu kita perlu pendapat, perlu supervisi dari Kejaksaan, agar nanti kita mengambil langkah itu benar dan tidak terulang lagi kesalahan-kesalahan yang kemarin.”

Baca Juga: IPW Nilai Penyidik Kesulitan Konstruksi Pasal 340 untuk Ferdy Sambo, Ini Alasannya

Menurut Zulkifli dengan adanya pengawasan dari Kejaksaan Agung, ke depan ia berharap jajarannya tidak lagi menerka atau meraba dalam setiap keputusan yang diambil.

“Agar sekali lagi, kita ada lampunya, ada penerangnya, sehingga teman-teman jelas mengambil keputusan itu, tidak meraba, tidak mengira-ngira, karena kita bisa minta bantuan kepada aparat hukum,” ujarnya.

“Termasuk nanti bikin peraturan-peraturan, seperti peraturan Menteri Perdagangan misalnya, agar kejadian itu tidak terulang.”

Selain itu, Zulhas menambahkan pihaknya siap membantu penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung di kementerian yang dipimpinnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.