Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Lezatnya Lawar Klungah

Jumat, 16 September 2022 | 13:11 WIB

Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Selain kaya budaya, Bali juga terkenal akan beraneka ragam kulinernya. Mulai dari sate lilit, lawar hingga olahan ikannya. Kali ini, kita akan mencoba kuliner lawar, yakni lawar klungah.

Seperti biasa, lawar adalah penganan dari campuran daging yang dirames atau potong kecil yang dicampur sayuran dan bumbu genap khas Bali. Namun ada satu lawar unik, yakni lawar klungah. Dimana, tulang atau batok dari kelapa muda diolah menjadi makanan enak khas Bali. Terlebih dahulu, batok kelapa muda ini diambil, lalu direbus, kemudian dicincang menjadi bagian kecil, layaknya memotong daging sebagai bahan campurannya.

Salah satu pengolah lawar, I Wayan Murtana di Kabupaten Klungkung, Bali, mencoba ide lawar klungah ini untuk usaha warung, Sikoe di Jalan Rama Klungkung. Ia mengolah tulang kelapa muda ini dicampur dengan daging ayam dan bumbu khas Bali, racikan khasnya.

Menurutnya, kuliner lawar klungah ini cukup rumit pembuatannya, sehingga sangat jarang ada yang mau menjadikan sebagai usaha. Karena, selain proses panjang dan rumit, harga bahan bakunya juga langka. Karena kebanyakan petani menjual kepala yang sudah berisi daging atau yang sudah tua. Sehingga untuk mendapatkan bahan, harus memiliki pelanggan khusus.

Salah satu penikmat kuliner Bali, Ketut Sartika mengaku, mendapatkan informasi adanya lawar klungah dari media sosial. Ia pun mencoba penganan ini, dan rasanya pas di lidah dengan campuran bumbu genap Balinya, yang menjadi citarasa masakan Bali.

Untuk satu porsinya warung ini membandrol harga Rp 25 ribu. Sudah lengkap dengan nasi, sate tusuk, sate lilit dan kuah. Yang penasaran dengan kuliner lawar klungah ini, bisa mampir di warung Sikoe, di Jalan Rama, Semarapura, Klungkung Bali.

 

 

 

 

#kuliner   #lawarklungah  #klungkung


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x