Kompas TV nasional peristiwa

Pawang Hacker: Bjorka Bukan Hacker, Hanya Pengepul Data

Jumat, 16 September 2022 | 11:50 WIB
pawang-hacker-bjorka-bukan-hacker-hanya-pengepul-data

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

Pakar Kompetensi Keamanan Siber, I Made Wiryana atau yang kerap disebut sebagai pawang hacker, menyebutkan bahwa Bjorka bukanlah seorang hacker atau peretas. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pakar kompetensi keamanan siber, I Made Wiryana atau yang kerap disebut sebagai pawang hacker, menyebutkan bahwa Bjorka bukanlah seorang hacker atau peretas.

Made mengatakan bahwa Bjorka bisa saja mendapatkan data-data yang dipublikasikannya beberapa waktu lalu dari mana saja.

Sebagai informasi, Bjorka telah membocorkan data pribadi sejumlah pejabat, mulai dari Menkominfo Johnny G. Plate, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Pawang Hacker Bongkar Aksi yang Dilakukan Bjorka: Dia Melakukan Serangan Semantik, Menyerang Mindset

“Kita kan tidak tahu dapatnya (data) dari mana ya, bisa membeli, bisa mengumpulkan dengan iming-iming dengan hadiah, jujur saja dia tidak tergolong sebagai hacker,” kata Made dalam acara Rosi yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (15/9/2022).

Made menjelaskan bahwa seorang hacker biasanya memiliki rasa penasaran terhadap teknis suatu sistem. Dia akan mencoba menemukan titik kelemahan atau kerentanan dari sebuah sistem, bukan mempublikasikan data pribadi orang lain.

“Karena, istilahnya, tidak ada rasa penasaran teknis. Ya mungkin dalam mengumpulkan itu, dia memakai social engineering, tapi kalau sebagai hacker technical, dia tidak perlu memiliki keahlian itu (meretas),” jelasnya.

Lebih lanjut, pawang hacker ini menyebutkan bahwa Bjorka hanyalah pengepul data. Pasalnya, dia mengeklaim memiliki data dan telah menyebarkan data tersebut.

“Kalau saya pribadi, jujur, dia pengepul data, pengumpul data.”

Menurutnya, seorang hacker technical hanya akan memiliki data dari sistem yang berhasil dibobolnya. Berbeda dengan pengepul data, dia memiliki repository data.


Baca Juga: Fakta Polisi Tangkap Pria yang Disebut Hacker Bjorka, Ternyata Penjual Es hingga Tak Punya Komputer

Lebih lanjut, Made juga menjelaskan definisi seorang hacker sejati. Menurutnya, seorang hacker sejati tidak akan memanfaatkan apa yang diketahuinya dari sebuah sistem untuk keuntungan pribadi, termasuk popularitas.

“Kalau kita kembali kepada definisi hacker sejati, hacker sejati itu biasanya mereka nggak ingin dikenal. Saya bisa katakan dia memanfaatkan apa yang dia miliki, misalnya data yang tercecer,” jelas Made.

“Saya bilang bukan (hacker), hacker sejati dia tidak akan memanfaatkan sebagai keuntungan dia, baik famous atau pun finansial,” pungkasnya.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x