Kompas TV olahraga sepak bola

Bonek Rusak Fasilitas Stadion, Pengamat: Pelaku Bisa Dipidana

Kompas.tv - 16 September 2022, 10:12 WIB
bonek-rusak-fasilitas-stadion-pengamat-pelaku-bisa-dipidana
Kericuhan terjadi saat Bonek mengamuk di Stadion Gelora Delta Sidoarjo usai Persebaya Surabaya keok di tangan RANS Nusantara FC dengan skor 1-2, Kamis (15/9/2022). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat sepak bola dari Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali, menyayangkan ulah sejumlah oknum Bonek yang merangsek ke lapangan dan merusak sejumlah fasilitas stadion.

Aksi Bonek ini diduga lantaran kecewa dengan performa Persebaya Surabaya yang dikalahkan tim debutan RANS Nusantara FC 2-1 pada Kamis (15/9/2022).

Akmal menyebutkan, pelaku perusakan fasilitas stadion bisa dipidana. 

“Aksi perusakan yang dilakukan Bonek bukan contoh yang dibenarkan. Harusnya mereka punya cara yang lebih elegan mengkritik kinerja tim kesayangannya dengan cara-cara yang elegan," paparnya saat dihubungi KOMPAS.TV, Jumat (16/9/2022). 

"Bukan melakukan perusakan fasilitas umum. Bahkan pelaku perusakan bisa dipidanakan," sambungnya. 

Baca Juga: Respons PT LIB Imbas Bonek Masuk Lapangan dan Chaos: Rusak Stadion Pelanggaran Hukum

 

Ia pun menyebut pentingnya menerapkan regulasi suporter. Sebab, klub-klub di Indonesia, menurutnya, tidak punya aturan terkait suporter. 

"Regulasi suporter menjadi faktor penting yang harus dibuat dan disosialisasikan kepada suporter agar terbangun kesadaran bersama untuk dilaksanakan di kompetisi sepak bola Indonesia," papar Akmal. 

"Aturannya belum ada, makanya PSSI harus segera membuat regulasi suporter. Agar ada payung hukum yang kuat untuk menjatuhkan sanksi sekaligus menertibkan suporter," sambungnya. 

Baca Juga: Kronologi Bonek Geruduk Kantor Persebaya hingga Chaos, Polisi Tembakkan Gas Air Mata


Regulasi Harus Dibikin PSSI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x