Kompas TV nasional rumah pemilu

Saiful Mujani Sebut PDI P Lebih Baik Usung Ganjar Dibandingkan Puan, Ini Analisisnya

Jumat, 16 September 2022 | 06:27 WIB
saiful-mujani-sebut-pdi-p-lebih-baik-usung-ganjar-dibandingkan-puan-ini-analisisnya
Ketua DPR RI, Puan Maharani menyebut bahwa perlu ketenangan, keberanian, dan sinergi dengan  kuda untuk menungganginya, agar berjalan sesuai dengan arahan penunggangnya. Puan juuga disebut oleh Saiful Mujani lebih baik tidak diusugn sebagai calon PDI Perjuangan, Ganjar disebut lebih menguntungkan (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pendiri Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, menyebutkan, untuk Pemilu 2024 mendatang, baiknya PDI Perjuangan mengusung Ganjar Pranowo dibandingkan Puan Muharani.

Kata Saiful, peluang kemenangan PDI Perjuangan lebih besar jika mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden daripada  mengusung Puan.

Hal ini, kata Saiful, berdasarkan data terbaru SMRC terkait pemilu 2024 mendatang.

"Data kami menunjukkan bahwa jika yang dicalonkan PDI Perjuangan adalah Ganjar, harapan bagi PDI Perjuangan untuk memenangi Pilpres dan kembali memiliki presiden menjadi terbuka," kata pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (15/9/2022) malam dilansir Antara.

Berdasarkan format survei semi terbuka pada Maret 2021 sampai Agustus 2022, kata dia, pergerakan suara Puan tidak signifikan.

Puan dalam survey itu memeroleh dari 0,5 persen menjadi 1 persen.

Sementara itu, Ganjar Pranowo bergerak dari 8,8 persen menjadi 25,5 persen. Prabowo dari 20 persen menjadi 16,7 persen dan Anies Baswedan dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

Menurut Saiful, kalau kondisinya seperti sekarang, berat bagi PDI Perjuangan untuk mencalonkan Puan.

Apalagi, katanya, kalau Puan misalnya bersaing dengan Prabowo dan Anies, data survei menunjukkan Puan tertinggal jauh dan tidak kompetitif.

"Persaingan itu (Puan melawan Prabowo atau Anies) tidak fair karena gapnya terlalu jauh. Kalau Puan harus maju dan PDI Perjuangan memiliki target untuk menang, tantangannya akan sangat berat," ungkapnya.

Dalam simulasi tiga nama tanpa Ganjar, survei SMRC mulai Desember 2021 sampai Agustus 2022 menunjukkan pergerakan suara Puan dari 10,1 persen menjadi 7,8 persen.

Sementara itu, Prabowo Subianto dari 40 persen menjadi 40,2 persen dan Anies dari 28,1 persen menjadi 27,5 persen.

Baca Juga: Puan Ingatkan Pemerintah: Jangan Hanya Ungkap Bjorka, tapi Semua Hacker



Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x