Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Serukan Pesan Damai di Jeju Forum: Hentikan Perang!

Kompas.tv - 16 September 2022, 06:17 WIB
megawati-serukan-pesan-damai-di-jeju-forum-hentikan-perang
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri usai menjadi pembicara kunci dalam Jeju Forum for Peace and Prosperity, Korea Selatan, Kamis (15/9/2022). (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyerukan pesan damai saat menjadi pembicara kunci pada Jeju Forum di Korea Selatan, Kamis (16/9/2022).

"Melalui Jeju Forum, saya dan kita menyerukan bersama, tolonglah hentikan perang. Perang hanya akan menimbulkan derita kemanusiaan. Pesan perdamaian Jeju ini harus dikumandangkan," kata Megawati dalam keterangan tertulis .

Megawati menegaskan perdamaian dunia begitu mendesak di tengah berbagai persoalan geopolitik saat ini.

Mulai dari perang Rusia-Ukraina belum usai, kini muncul ketegangan baru di Selat Taiwan. Demikian halnya persoalan di kawasan Timur Tengah, ketegangan di Laut China Selatan hingga ingatan betapa akibat bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki serta upaya mewujudkan perdamaian di bumi Peninsula.

Baca Juga: Soal Kenaikan Harga BBM, Megawati: Kalau Tidak Dinaikkan Malah Makin Sulit, Bagaimana?

Menurut Megawati, peperangan besar telah mewarnai sejarah peradaban dunia. Misalnya, perang dunia I dan II menjadi contoh perang abad modern. Kedua perang itu disebut mengakibatkan kesengsaraan dan penderitaan berkepanjangan.

Lebih lanjut, Megawati menilai perang telah membutakan kemanusiaan karena banyak korban yang ditimbulkan akibat perang. Dampak-dampak perang disebut sangat mengerikan.

"Bayangkan dari jumlah korban, Perang Dunia I sebanyak 10 juta meninggal dan 21 juta luka-luka. Perang Dunia II dengan korban 62,5 juta dari sekitar 50 negara yang terlibat. Dampak perang tentunya harus diingat sangatlah mengerikan. Belum lagi sejarah perang pada masa lampau," ucap Megawati.

Baca Juga: Megawati ke Korea Selatan, Sekjen PDI-P: Akan Sebarkan Pancasila di Forum Perdamaian Internasional

Megawati menambahkan dunia sangat merasakan dampak perang yang terjadi di satu wilayah. Pasalnya, semua saling terkoneksi, saling tergantung dan saling membutuhkan.

Oleh karena itu, Megawati mengajak semua peserta Jeju Forum bergandeng tangan dalam satu solidaritas bangsa-bangsa yang mendambakan perdamaian abadi.

Ia berharap, seluruh komitmen perdamaian tersebut dimulai dari Jeju Forum untuk mewujudkan bumi perdamaian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x