Kompas TV video vod

Nelayan Tradisional Natuna Diintimidasi Kapal Penjaga Pantai Coast Guard Asal Tiongkok

Kompas.tv - 16 September 2022, 00:00 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Nelayan tradisional Natuna mendapatkan intimidasi dari kapal penjaga pantai coast guard asal China saat melakukan penangkapan ikan di perairan Natuna Utara, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Inilah video amatir yang sempat di rekam oleh seorang nelayan tradisional Natuna saat kapal penjaga pantai  coast guard China  melakukan intimidasi  di perairan Natuna Utara.

Baca Juga: KKP Hiu Macan 01, Tangkap 2 Kapal Berbendera Vietnam di Laut Natuna

Terlihat kapal asing tersebut mendatangi kapal Nelayan Natuna dengan bermanuver melakukan pemotongan haluan kapal pompong tradisonal Cina yang sedang melakukan penangkapan ikan.

Bahkan kapal coast guard China ini  juga melakukan mengikarin kapal tradisonal Natuna  untuk upaya pengusiran  di perairan Natuna Utra itu.

Selain melakukan intimidasi kapal coast guard asing ini juga melakukan pengamanan dan pelindungan, kepada kapal nelayan asal negaranya sendiri dalam melakukan pencurian ikan di perairan Natuna Utara.

Menurut keterangan Hendri, ketua aliansi Nelayan Natuna mengatakan, kapal coast guard China ini  pada malam harinya juga mendatangi kapal nelayan Natuna saat labuh jangkar dengan bertujuan agar nelayan Natuna menyingkir, sehingga kapal kapal nelayan asing dengan leluasa menangkap ikan di kawasan itu.

Selain China, kapal coast guard asing lainnya seperti negara Vietnam, Taiwan dan lainnya juga banyak berada di perairan Natuna Utara sendiri untuk bertujuan melindungi kapal nelayan asalnya  yang melakukan penangkapan ikan di perairan Natura Utara sendiri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x