Kompas TV internasional kompas dunia

Dirjen WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata

Jumat, 16 September 2022 | 04:45 WIB
dirjen-who-sebut-akhir-pandemi-covid-19-sudah-di-depan-mata
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (14/9/2022) mengatakan akhir dari pandemi Covid-19 kemungkinan semakin dekat. Karena itu, masyarakat harus meningkatkan upaya untuk mencegah penyebarannya lebih lanjut.  (Sumber: AP Photo)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JENEWA, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan akhir dari pandemi Covid-19 kemungkinan semakin dekat, Rabu (14/9/2022). Karena itu, masyarakat harus meningkatkan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut.

"Kita belum sampai di sana (akhir pandemi). Tetapi ujungnya sudah terlihat," kata pemimpin organisasi kesehatan dunia itu.

Tedros mengatakan pada jumpa pers bahwa angka kematian akibat Covid-19 pekan lalu turun ke tingkat yang tercatat pada Maret 2020.

Menurut badan kesehatan PBB itu, jumlah kematian akibat Covid-19 pada 5-11 September mencapai 10.935 jiwa di seluruh dunia, atau turun 22 persen dari angka selama sepekan sebelumnya.

Selain itu, jumlah kasus baru untuk pekan ini turun tajam sebanyak 28 persen menjadi 3,13 juta kasus.

"Kita bisa melihat garis finisnya. Kita sekarang dalam posisi unggul," ujar Tedros.

Baca Juga: Ini Riwayat Penyakit Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal, Sempat Kena Covid-19

Seorang apoteker menyuntikkan booster vaksin Moderna COVID-19 di klinik vaksinasi di Lawrence, Amerika Serikat, hari Rabu, 29 Desember 2021. Dirjen WHO hari Rabu, (14/9/2022) mengatakan akhir dari pandemi Covid-19 kemungkinan semakin dekat dan karena itu, masyarakat harus meningkatkan upaya untuk mencegah penyebarannya lebih lanjut. (Sumber: AP Photo/Charles Krupa, File)

Untuk itu, dia mendesak masyarakat dunia meningkatkan kewaspadaan untuk menahan penyebaran virus.

Tedros membandingkan situasi menuju akhir pandemi saat ini sama dengan situasi pelari maraton yang "berlari lebih kencang" ketika garis finis mulai terlihat.


 

Jika dunia tidak mengambil kesempatan untuk mengakhiri pandemi sekarang, masih ada risiko lebih banyak varian virus akan berkembang, yang mengarah pada peningkatan angka kematian serta gangguan dan ketidakpastian yang berkelanjutan, kata Tedros.

Dia meminta agar aturan pelaksanaan tes Covid-19 dan analisis genetik saat ini tetap dipertahankan dan upaya vaksinasi anti-Covid-19 dipercepat di daerah-daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah.

Virus corona baru penyebab Covid-19 pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China tengah, pada Desember 2019 dan WHO menyatakan pandemi global pada Maret 2020.

 


Sumber : Kompas TV/Kyodo/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Babinkamtibmas Dilatih Tangani Ular

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:44 WIB
Berita Daerah

4 ODGJ Terpasung Dievakuasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:38 WIB
Close Ads x