Kompas TV nasional peristiwa

Soal Hacker Bjorka, Pakar: Dia Belum Tentu Hacker, Perlu Investigasi dan Pembuktian

Kompas.tv - 15 September 2022, 22:45 WIB
soal-hacker-bjorka-pakar-dia-belum-tentu-hacker-perlu-investigasi-dan-pembuktian
Pakar kompetensi keamanan siber, dr I Made Wiryana di acara ROSI KOMPAS TV, Kamis (15/9/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube KOMPAS TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Bjorka menjadi perbincangan panas di dunia maya dalam beberapa pekan belakangan.

Bjorka yang merupakan hacker atau peretas ini membuat heboh jagat maya Indonesia setelah membocorkan sejumlah data pribadi para menteri Republik Indonesia.

Data-data pribadi Menkominfo Johnny G Plate, Mendagri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD, Menkomarves Luhut Binsar Panjahitan, hingga Ketua DPR Puan Maharani diunggah ke publik oleh Bjorka. 

Puncaknya yang membuat geger, Bjorka membocorkan surat rahasia Presiden Jokowi di situs breached.to pada Sabtu (9/9/2022) pekan lalu. 

Baca Juga: Pemuda Cirebon Bantah Disebut Sebagai Hacker Bjorka: Lebih Suka Ngedit

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meyakini Bjorka belum mampu masuk ke sistem pemerintahan. Heru percaya diri Bjorka hanya bisa masuk di lapisan terluar keamanan siber Pemerintah Indonesia. 

"Kalaupun itu bisa masuk, bisanya cuma di daftar isi. Saya yakin tidak. Karena saya tahu," ucap Heru pada 12 September 2022 lalu. 

"Paling di window awal, di sana banyak pagarnya." 

Pernyataan Pemerintah Indonesia itu diamini oleh pakar kompetensi keamanan siber, dr I Made Wiryana dalam acara ROSI KOMPAS.TV, Kamis (15/9/2022). 

Wiryana bahkan menyebut Bjorka ini bukanlah seorang hacker atau peretas, melainkan hanya orang yang memanfaatkan apa yang dia miliki. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x