Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping dan Putin Bersua di Uzbekistan, Saling Dukung dan Kecam Upaya AS Dominasi Dunia

Kompas.tv - 15 September 2022, 21:23 WIB
xi-jinping-dan-putin-bersua-di-uzbekistan-saling-dukung-dan-kecam-upaya-as-dominasi-dunia
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden China Xi Jinping saling bertemu di sela pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/9/2022). (Sumber: Alexandr Demyanchuk, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Purwanto

SAMARKAND, KOMPAS.TV – Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu untuk mempererat hubungan kedua negara di Uzbekistan, Kamis (15/9/2022).

Dalam pembicaraan dengan Xi, Putin mengecam upaya buruk AS dan sekutunya mempertahankan dominasi dunia.

“Upaya-upaya untuk menciptakan dunia unipolar baru-baru ini kian memburuk. Mereka benar-benar tidak dapat diterima oleh mayoritas negara-negara di dunia,” ujar Putin dalam pidato pembukaannya seperti dilansir Associated Press.

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Presiden China Xi Jinping di sela pertemuan Organisasi Kerja Sama Shanghai atau Pakta Shanghai di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/9/2022). (Sumber: Alexandr Demyanchuk, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Sementara itu, Xi terbilang lebih hati-hati. 

Ia menyebut, bersama Rusia, “China siap menjadi contoh kekuatan dunia yang bertanggung jawab dan untuk memainkan peran utama untuk membawa dunia yang berubah dengan cepat ke jalur pembangunan yang berkelanjutan dan positif.” 

Presiden China Xi Jinping berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela pertemuan Organisasi Kerja Sama Shanghai atau Pakta Shanghai di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/9/2022). (Sumber: Alexandr Demyanchuk, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Xi Jinping dan Putin bertemu di Uzbekistan dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Shanghai atau Pakta Shanghai (SCO), aliansi keamanan yang dididirikan untuk menangkal pengaruh Amerika Serikat (AS). SCO beranggotakan 8 negara, yakni Rusia, China, India, Pakistan, serta empat negara eks Soviet di Asia Tengah, yaitu Kazakhstan Kyrgysta, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Baca Juga: Mobil Putin Diserang Bom, Disebut Usaha Pembunuhan Presiden Rusia

Pertemuan itu berlangsung di tengah perang Rusia-Ukraina dan konflik Armenia-Azerbaijan yang kembali meletus. Pun, di tengah ketegangan hubungan antara China dan Washington, Eropa, Jepang, dan India karena perselisihan teknologi, keamanan dan wilayah.

Konferensi tingkat tinggi SCO yang digelar di kota kuno Samarkand itu merupakan kunjungan luar negeri pertama Xi Jinping sejak pandemi melanda 2,5 tahun lalu. Kunjungan ini sekaligus menegaskan hasrat Beijing untuk menjadi kekuatan di kawasan itu.

Pertemuan antara kedua pemimpin itu berlangsung usai Rusia terpaksa menarik pasukannya dari Ukraina timur-laut pekan lalu di tengah perlawanan sengit Ukraina. Ukraina merebut kembali sejumlah wilayah desa dan kota yang sebelumnya diduduki Rusia. Ini merupakan kemunduran besar bagi Moskow.


Baca Juga: Xi Jinping Bertemu Presiden Kazakhstan, Rayakan Kerja Sama Bilateral Selama 30 Tahun

Beijing yang menyatakan ‘persahabatan tanpa batas’ dengan Moskow sebelum invasi Ukraina dimulai pada akhir Februari, menolak mengkritik aksi militer Rusia. Beijing dan India kini membeli lebih banyak minyak dan gas Rusia, yang membantu Rusia menangani dampak sanksi Barat akibat invasi Moskow ke Ukraina.

“Kami sangat menghargai posisi sangat seimbang sahabat China kami dalam kaitannya dengan krisis Ukraina,” ujar Putin di awal pertemuannya dengan Xi.

Baca Juga: Putin dan Xi Jinping Berencana Kembali Bertemu, Hubungan Makin Intim

Sebaliknya, Rusia pun tegas mendukung China di tengah ketegangan dengan AS menyusul kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan baru-baru ini.

“Kami mengecam provokasi AS dan satelit-satelitnya (sekutunya) di Selat Taiwan,” ujar Putin pada Xi.
 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x