Kompas TV video vod

Penjelasan Effendi Simbolon Soal Maksud Pernyataannya yang Sebut TNI Seperti Gerombolan

Kompas.tv - 15 September 2022, 19:00 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernyataan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon menuai polemik. Pasalnya, Effendi sebut TNI seperti ‘gerombolan’ melebihi ormas. 

Saat ditemui setelah selesai jalani sidang MKD, Effendi menjelaskan bahwa maksud pernyataannya itu bukan untuk memberi label negatif terhadap institusi TNI. 

“sekali lagi saya katakana tidak ada pernah maksud saya menstigmakan TNI ini gerombolan. Silakan dibaca utuh dari palu pertama dibuka hingga palu akhir ditutup di Komisi I,” kata Effendi di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9).

Baca Juga: MKD Hentikan Laporan Terhadap Effendi Simbolon

Dia pun mengakui bahwa dalam pernyataannya ada diksi gerombolan dan ormas. Tetapi, membahas terkait kepatuhan dalam institusi TNI. 

“saya juga ingin meng-clear-kan, tidak pernah saya menstigmakan, bahawa diksi ada kata gerombolan , ada kata ormas tapi tidak dalam kaitan menjudge atau stigma TNI-nya yang gerombolan, tapi stressingnya ialah kalau tidak ada kepatuhan, pada kepatuhan itulah kehormatan bagi prajurit maka itu seperti gerombolan,” kata Effendi menjelaskan. 

Sebelumnya, Effendi telah meminta maaf atas pernyataannya tersebut. 

Dia pun telah bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan berencana bertemu dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. 

Video Editor: Lintang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x