Kompas TV regional sosial

Lega, Samin Akhirnya dapat Ganti Uang Dimakan Rayap Rp20,2 Juta dari BI Solo

Kamis, 15 September 2022 | 15:36 WIB
lega-samin-akhirnya-dapat-ganti-uang-dimakan-rayap-rp20-2-juta-dari-bi-solo
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo Nugroho Joko Prastowo menyerahkan uang pengganti kepada Samin didampingi istri di Kantor Bank Indonesia Solo, Kamis (15/9/2022) (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Solo akhirnya mengganti uang tabungan milik Samin (53), penjaga Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lojiwetan No 49 yang rusak dimakan rayap. 

Kepala KPwBI Solo Nugroho Joko Prastowo menuturkan, proses penyusunan sisa uang kertas yang rusak dimakan rayap milik Samin tersebut membutuhkan waktu dua hari.

"Dari sisa lembaran ini, Selasa (13/9/2022) langsung bisa kami identifikasi Rp9.910.000. Rabu kemarin coba rekonstruksi kembali, Alhamdulilah bisa menghasilkan dan memenuhi syarat yakni 2/3 dari luasan uang Rp10.310.000. Total yang sah dapat penggantian sebanyak Rp 20.220.000. Ini jumlah optimal yang bisa BI bantu," terang Joko Prastowo di Solo, Kamis (15/9), seperti dikutip dari Kompas.com.

Sementara, sisa uang kertas lainnya tidak dapat direkonstruksi karena kondisinya sudah rusak parah atau berupa potongan kecil.

Adapun, uang tersebut diserahkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo Nugroho Joko Prastowo kepada Samin yang didampingi istri di Kantor Bank Indonesia Solo, Kamis (15/9).

Baca Juga: Biar Uang Enggak Dimakan Rayap, Simak Produk Tabungan di Bank Bebas Biaya Admin

Samin yang telah menerima penggantian uang dari Bank Indonesia Solo mengaku senang. Dari sekitar Rp50 juta uangnya yang rusak, dapat penggantinya senilai Rp20.220.000.

Dia juga mendapatkan kenang-kenangan berupa uang seri terbaru yang bisa dipajang di rumahnya.

"Bersyukur, Alhamdulilah sudah dibantu oleh bapak ibu semua. Setelah susah payah membantu saya merangkai serpihan-serpihan uang saya ternyata sudah bisa maksimal bisa ditukar saya bersyukur sekali," ungkap dia.

Samin pun sadar dengan kejadian itu ke depan akan menabungkan uangnya di bank.


"Mari kita cintai uang kita. Jangan seperti saya menabung di omplong (celengan) ternyata banyak mudaratnya. Uang sebanyak itu di omplong ternyata banyak rayapnya," ujarnya.

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, peristiwa uang rusak dimakan rayap yang dialami Samin sempat viral di media sosial maupun pemberitaan media. Sebab, uang yang rusak dimakan rayap ini jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah.

Joko Prastowo pun berharap masyarakat bisa mengambil pelajaran yang dialami Samin dan mengimbau agar bisa menyimpan uang tabungannya di bank.

“Ini pembelajaran bagi kita, lebih aman, transaksi non-tunai, dapat bunga atau bagi hasil. Bisa di celengan tapi setiap bulan disetorkan," tuturnya.

Baca Juga: Alasan Bank Indonesia Tak Bisa Ganti Semua Uang Tabungan Samin Buat Haji yang Hancur Dimakan Rayap

Adapun Samin diketahui menabung uang hasil dari berjualan dan membuatkan minuman para guru di sebuah sekolah sejak 2,5 tahun lalu, tepatnya saat pandemi Covid-19.

Uang tabungan tersebut, rencannya akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji bersama istri dan dua anaknya. Samin menabung di dua celengan.

Uang yang berada di celengan hijau semuanya rusak dimakan rayap. Berdasarkan hasil penghitungan jumlah uang yang rusak sekitar Rp50 juta. Sedangkan uang di celengan ungu sekitar Rp49,8 juta dan kondisinya aman.


Sumber : Kompas TV, Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x