Kompas TV regional berita daerah

Petani Di Jember Resah Karena Beredar Pupuk Diduga Palsu

Rabu, 14 September 2022 | 19:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Sejumlah petani di Kabupaten Jember Jawa Timur resah dengan peredaran pupuk diduga palsu. Kemasannya mirip dengan pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska. Warna pupuk terlihat berbeda dan lebih pudar dari pupuk asli. Jika digunakan, tanaman akan menguning, kerdil dan rusak.

Pupuk diduga palsu itu beredar di Desa Candijati Kecamatan Arjasa. Petani membeli pupuk tersebut dari pedagang keliling dengan harga lebih murah, yakni 150 ribu per 50 kilogram. Padahal harga resmi di kios mencapai 750 ribu rupiah.

Butiran pupuk palsu lebih rapuh dan mudah hancur, sedangkan pupuk NPK Phonska asli sangat keras dan warnanya kemerah-merahan. Pupuk diduga palsu itu juga tidak larut dengan tanah meski sudah ditabur lebih dari tujuh hari.

Baca Juga: Petani Gowes ke DPRD Protes Pencabutan Pupuk Subsidi

Pengurus HKTI Jember akan melakukan uji laboratorium pupuk tersebut dan mengimbau petani agar tidak mudah percaya dengan penjual pupuk keliling dengan harga lebih murah.

 

#pupukpalsu #pupuksubsidi #npkphonska #petani #jember


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x