Kompas TV internasional kompas dunia

Serba-serbi Pemakaman Ratu Elizabeth II, Disemayamkan dalam Peti Ek Khusus yang Bisa Awetkan Jasad

Kompas.tv - 14 September 2022, 19:49 WIB
serba-serbi-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-disemayamkan-dalam-peti-ek-khusus-yang-bisa-awetkan-jasad
Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) di Kastil Balmoral, Skotlandia. Banyak serba-serbi istimewa acara pemakaman Ratu dan Raja Inggris, termasuk tradisi, ritual, peti jenazah istimewa, rute menunggu pelayat, dan apa yang akan akan dilihat pelayat. (Sumber: Guardian)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV — Ratusan ribu orang diperkirakan akan berduyun-duyun ke istana abad pertengahan Westminster Hall di London mulai Rabu (14/9/2022) untuk memberi penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II, yang peti jenazahnya akan disemayamkan selama empat hari hingga pemakamannya pada Senin (19/9) mendatang.

Berikut adalah serba-serbi istimewa kedua acara tersebut, termasuk tradisi, ritual, peti jenazah istimewa, rute menunggu pelayat, dan apa yang akan akan dilihat pelayat, seperti laporan Associated Press, Rabu (14/9).

Berapa Lama Ratu Elizabeth II Disemayamkan secara Kerajaan?

Pelayat yang ingin melihat peti jenazah ratu dapat melakukannya 24 jam sehari dari jam 5 sore waktu setempat hari Rabu (14/9) sampai pukul 06.30 pada Senin (19/9) di hari pemakaman kenegaraan.


 

Antrian Pelayat

Pejabat Inggris menerbitkan dua rute mengantre di sepanjang Sungai Thames yang harus diikuti oleh publik sebelum mereka dapat memasuki Westminster Hall tempat persemayaman Ratu Elizabeth II.

Antrean utama dimulai di Albert Embankment dan membentang ke timur sejauh bermil-mil melewati London Eye, Tate Modern, dan Tower Bridge.

Ada rute terpisah yang dapat diakses sehingga orang yang membutuhkannya dapat bergabung dari museum Tate Britain.

Para pelayat diperingatkan tentang waktu mengantre dan menunggu yang sangat lama, mungkin perlu mengantre semalam suntuk.

Toilet tambahan dan air minum akan ditempatkan di sepanjang rute. Selain itu, beberapa tempat di sepanjang jalan, termasuk Shakespeare's Globe, akan buka sepanjang waktu untuk menyediakan minuman dan istirahat.

Pemeriksaan keamanan bergaya bandara dilakukan di dekat garis depan sebelum orang dapat memasuki Parlemen.

Baca Juga: Kisah dan Kiprah Putri Anne, Anak Perempuan Satu-satunya Ratu Elizabeth II

Mahkota Ratu Elizabeth II dengan berlian Koh i Noor dari India. Banyak hal yang istimewa dalam persemayaman dan pemakaman Ratu Elizabeth II, mulai dari tradisi dan ritual kerajaan, sejarah pemakamam raja dan ratu seribu tahun kerajaan Inggris, dan tempat pemakamannya sendiri. (Sumber: AP Photo/Alastair Grant, File)

Apa yang akan disaksikan pelayat?

Peti jenazah tertutup Ratu Elizabeth II akan dibungkus bendera kerajaan dan dihiasi dengan pataka kerajaan termasuk Mahkota Kekaisaran, mahkota yang dikenakan ratu saat penobatannya tahun 1953.

Peti mati akan ditempatkan di sebuah catafalque, atau platform yang ditinggikan untuk menyangga peti mati, di tengah Westminster Hall.

Penjaga kerajaan akan berdiri 24 jam sehari di setiap sudut platform.

Ketika peti mati itu berada di Skotlandia awal pekan ini, di atasnya terdapat Mahkota Skotlandia dan karangan bunga putih.

Peti Jenazah Khusus yang Istimewa

Peti jenazah ratu terbuat dari kayu ek atau oak asli Inggris, dilapisi dengan timah dan dibuat beberapa dekade lalu, kata para ahli.

Sarah Hayes, manajer museum Coffin Works di Birmingham, Inggris mengatakan, mantan Perdana Menteri Winston Churchill, suami ratu Pangeran Philip, dan Putri Diana membuat peti mati seperti itu untuk mereka, katanya.

"Ini (didesain) untuk mengawetkan tubuh jenazah selama mungkin, ini benar-benar tentang memperlambat proses pembusukan," katanya.

Ini sangat penting bagi ratu, karena peti matinya pada akhirnya akan ditempatkan di gereja, bukan dikubur di tanah, tambahnya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x