Kompas TV entertainment film

5 Drama Korea Tentang Hacker yang Jadi Sorotan

Kompas.tv - 14 September 2022, 09:38 WIB
5-drama-korea-tentang-hacker-yang-jadi-sorotan
Ilustrasi hacker atau peretas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan kemunculan sosok hacker atau peretas yang menyebut dirinya sebagai "Bjorka". Bjorka melakukan buka-bukaan data pribadi kepada sejumlah pejabat di Indonesia.

Tak hanya pejabat, tetapi database atau sekumpulan data sensitif milik kementerian juga turut dibuka ke publik. Cara-cara yang dilakukan Bjorka membuat banyak orang terheran-heran.

Kisah tentang hacker atau peretas memang menarik perhatian. Berbagai cara yang dilakukan untuk mengungkap atau membuka data rahasia membuat banyak orang penasaran.

Beberapa drama Korea Selatan rupanya ada yang mengambil tema atau menyuguhkan tokoh hacker dalam beberapa serinya. Berikut drakor yang menghadirkan hacker pada ceritanya disadur dari Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Kepala BSSN Sebut Serangan Hacker Bjorka Levelnya Rendah: Masyarakat Tak Perlu Resah soal Data Bocor

Police University (2021)

Kang Seon Ho merupakan seorang hacker yang melakukan peretasan berbagai sistem komputer untuk membayar pengobatan ayahnya. Dibintangi oleh Jun Jin Young, dunianya seakan berubah ketika bertemu perempuan jago judo, Oh Kang He.

Keputusan Oh Kang Hee untuk mendaftar ke akademi kepolisian membuat Kang Seon Ho mengikutinya. Akhirnya Seon Ho meninggalkan dunia hacker yang sudah digelutinya selama ini.

Konflik akhirnya terbangun ketika dia bertemu dengan mantan detektif yang dulu sempat menyelidiki kasus kejahatannya. Mantan detektif bernama Yoo Dong Man tersebut kini menjadi dosennya di kampus.

Mad Dog (2017)

Choi Kang Woo alias Mad Dog membentuk sebuah tim untuk melakukan investigasi terkait kecelakan pesawat yang membuat istri dan anak meninggal.

Tim investigasi tersebut beranggotakan hacker, ahli bela diri, dan penyamaran. Konflik dimulai ketika Mad Dog bertemu Kim Min Joon, adik dari pilot pesawat nahas tersebut.

Min Joon menyatakan bahwa kecelakaan pesawat yang membuat keluarganya tewas adalah kesengajaan. Hal ini membuat Mad Dog dan timnya berusaha mengumpulkan bukti tentang peristiwa itu.

Baca Juga: Kontras: Dibanding Cari Bjorka, Jokowi Harusnya Buat Tim Pencari Dokumen TPF Munir yang Hilang



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.