Kompas TV nasional news or hoax

Aniaya Dan Asusila, Benarkah Adanya? | NEWS or HOAX

Kompas.tv - 14 September 2022, 07:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - 12 Agustus 2022, polisi menghentikan penyidikan laporan polisi yang diajukan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, tentang perbuatan asusila yang terjadi pada diri Putri di rumah dinas Kadiv Propam Polri Duren Tiga,

Polemik tentang terjadinya perbuatan asusila terhadap istri Ferdy Sambo kembali mengusik public. Putri tetap mengaku mengalami pelecehan seksual, namun mengubah tempat kejadian. Menurut pengakuannya kepada Komnas HAM, peristiwa tersebut terjadi di Magelang dan bukan di Duren Tiga.

Pengakuan ini kemudian mendorong keterlibatan Komnas Perempuan, untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dari Putri Candrawathi. Temuan Komnas Perempuan mengungkap adanya relasi kuasa Ferdy Sambo yang membuat putri harus membuat pengakuan bahwa peristiwa pelecehan tersebut terjadi di Duren Tiga seperti skenario suaminya.

Komnas perempuan memiliki keyakinan adanya indikasi terjadi tindak kekerasan seksual terhadap Putri Candrawathi. Menurut komisioner komnas perempuan, keengganan Putri melaporkan kekerasan seksual yang menimpa dirinya dipengaruhi oleh dominasi seseorang yang dominan dalam hidupnya.

Pernyataan Komnas HAM dan Komnas Perempuan, tentang adanya indikasi pelecehan seksual berdasarkan keterangan Putri Candrawathi, dianggap dapat dimanfaatkan terdakwa untuk meringankan hukumannya kelak, dalam persidangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x