Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah dan Kiprah Putri Anne, Anak Perempuan Satu-satunya Ratu Elizabeth II

Kompas.tv - 14 September 2022, 04:30 WIB
kisah-dan-kiprah-putri-anne-anak-perempuan-satu-satunya-ratu-elizabeth-ii
Putri tunggal Ratu Elizabeth II, Putri Anne, jarang menunjukkan emosinya, tetapi kali ini kesedihan jelas terukir di wajahnya sejak kematian ibunya, Ratu Elizabeth II. (Sumber: Radio France International)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Putri tunggal Ratu Elizabeth II, Putri Anne, jarang menunjukkan emosinya, tetapi kali ini kesedihan jelas terukir di wajahnya sejak kematian ibunya, Ratu Elizabeth II.

Sementara kakak laki-lakinya Raja Charles III harus ke London, tanggung jawab diserahkan kepada anak kedua ratu untuk menemani iring-iringan jenazah Ratu Elizabeth II dari Balmoral ke Edinburgh, Skotlandia pada hari Minggu, dan perjalanan udara dari Edinburgh ke persemayaman terakhir di Westminster Abbey, London.

Seperti laporan Radio France International, Selasa (13/9/2022), Putri Anne terlihat mengenakan pakaian hitam berkabung, membungkuk ketika delapan tentara membawa peti mati berlapis timah yang berat ke kediaman resmi kerajaan di Skotlandia, Istana Holyroodhouse, di Edinburgh.

Adik iparnya Sophie, yang menikah dengan adik laki-lakinya Pangeran Edward, terlihat meletakkan tangan punggungnya setelah itu, mencoba menenangkan Putri Anne.


 

Hari Senin, Anne, 72 tahun, mengenakan seragam seremonial laksamana Angkatan Laut Kerajaan, berjalan bersama Charles, Edward dan saudara mereka Andrew saat jenazah ibu mereka dibawa dari Holyroodhouse ke Katedral St Giles.

Dia juga menemani peti mati ratu dalam penerbangan kembali ke London dari Edinburgh pada Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: 500 Tokoh Dunia akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di London, Rusia dan Myanmar Belum Diundang

Raja Charles III, Putri Anne dan Pangeran Andrew mengikuti prosesi peti mati Ratu Elizabeth II dari Istana Holyroodhouse ke Katedral St Giles, di Edinburgh, Senin, 12 September 2022. (Sumber: Andrew Milligan/Pool Photo via AP)

Peran Anne sekarang dapat berubah, tergantung pada apakah Charles mengejar monarki yang skala kesibukannya diperkecil.

Tetapi Raja Charles III mungkin menemukan saudara terdekatnya itu sebagai tembok tempat bersandar saat dia menyesuaikan diri dengan peran barunya.

Belajar dalam kehidupan dengan cara yang sulit, Putri Anne punya reputasi sebagai bangsawan yang bekerja paling keras, berkarir sebagai penunggang kuda Olimpiade di samping keterlibatan publik seumur hidup.

Memiliki gaya bicara yang sama seperti mendiang ayahnya Pangeran Philip, Anne dilaporkan pernah menggambarkan dirinya sebagai "tidak semua orang membayangkan putri dongeng".

"Kamu belajar dengan cara yang sulit," katanya. "Tidak ada sekolah untuk bangsawan."

Dia tidak pernah berusaha untuk menyenangkan pers, mengatakan dia tidak mempertunjukkan keberanian, dan pernah mengusir fotografer.

Anne mengukir jalannya sendiri melalui kebangsawanan orang tuanya dan menerapkan cara yang lebih modern untuk anak-anaknya sendiri.

Baca Juga: Raja Charles III dan Adik-adiknya Berdiri Hening Disamping Peti Jenazah Ibunda, Ratu Elizabeth II

Putri tunggal Ratu Elizabeth II, Putri Anne, jarang menunjukkan emosinya, tetapi kali ini kesedihan jelas terukir di wajahnya sejak kematian ibunya, Ratu Elizabeth II. (Sumber: INews United Kingdom/Getty)

Putri Anne juga mendulang  penghormatan atas pekerjaannya mendukung ratusan badan amal dan organisasi.

Tahun 1974, dia menjadi sasaran percobaan penculikan ketika mobilnya disergap.

Dua petugas polisi, sopirnya, dan seorang pejalan kaki ditembak dan terluka.

Sebuah akun yang dirilis oleh Arsip Nasional mengatakan penyerang Ian Ball mengarahkan senjatanya ke Anne dan berkata, "Saya ingin Anda ikut dengan saya selama satu atau dua hari, karena saya ingin £2 juta.

"Apakah kamu akan keluar dari mobil?"

Sang putri menjawab singkat, "Tidak mungkin, dan saya tidak punya £2 juta."



Sumber : Kompas TV/Radio France International

BERITA LAINNYA



Close Ads x