Kompas TV nasional aiman

"Utang" Sang Mantan - AIMAN (3)

Kompas.tv - 21 September 2018, 14:20 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Sadryna Evanalia

Kemenpora menyebut ada ribuan barang negara yang diduga masih dibawa mantan Menpora Roy Suryo. Jumlah seluruh aset tersebut mencapai Rp 8,51 miliar. Jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono mewawancarai Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewa Broto, yang menandatangani surat berisi tagihan 3.226 aset negara kepada Roy Suryo, yang diterbitkan bulan Mei lalu. Surat ini akhirnya bocor di media sosial awal bulan September.

Gatot Dewa Broto bercerita Kemenpora memang merasa ada barang-barang yang belum dikembalikan pasca Roy Suryo digantikan oleh Imam Nahrawi tahun 2014 lalu. Oleh karenanya, Kemenpora menyurati Roy Suryo sejak tahun 2014, bahkan sebelum ada hasil laporan BPK. Namun, Roy Suryo menyatakan barang-barang itu sudah dikembalikan. Thn 2015, Kemenpora kembali menyurati Roy Suryo terkait aset Kemenpora, namun surat ternyata tak sampai ke tangan Roy Suryo. Tahun 2016, Menpora Imam Nahrawi kembali menyurati Roy Suryo, kali ini dilengkapi lampiran tebal berisi daftar aset. Gatot mengungkap Roy Suryo telah mengembalikan barang-barang senilai Rp 500 juta rupiah tahun 2016.

Meski demikian, Gatot Dewa Broto tak menampik kemungkinan ada celah tata kelola yang tak rapi di Kemenpora. Hal itu seperti tindakan staf atau pejabat yang membebani Roy Suryo sehingga harus menanggung pengembalian aset negara itu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x