Kompas TV regional berita daerah

Universitas Brawijaya Diserang Hacker, Data Mahasiswa dan Alumni Diretas

Kompas.tv - 13 September 2022, 18:47 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Universitas Brawijaya Malang diduga menjadi korban peretasan. Hacker menyebar data yang disebut milik mahasiswa dan alumni UB angkatan 2020 di media sosial. 

Ditemui Selasa (13/09/2022) Kepala Humas UB Kotok Gurito mengatakan kampus tengah menyelidiki dugaan peretasan yang dilakukan oleh hacker. UB menggandeng Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN) untuk menyelidiki dugaan kebocoran database.

Kotok menambahkan hingga saat ini data yang diretas belum dipastikan valid. Kampus masih menunggu analisa tim apakah memang terjadi kebocoran data.

"Akhir-akhir ini hacker menyerang, kami Universitas Brawijaya tak luput dari serangan. Kami telah membentuk tim dan sedang melakukan analisa, berkoordinasi dengan BSSN. Data tersebut juga belum dipastikan kevalidannya" katanya.

UB memastikan akan menempuh jalur hukum jika terbukti kebocoran data dan melanggar UU ITE. 

Sebelumnya di media sosial data mahasiswa S-1 dan alumni Universitas Brawijaya angkatan 2020 disebar hacker. Peretas menyebarluaskan informasi data tersebut, beserta tangkapan layar yang meliputi identitas mahasiswa dan nomor telepon alumni. 

Unggahan tersebut juga menyertakan video yang mencantumkan kolom seperti data agama dan identitas mahasiswa dan alumni.

#ubdiretas #hacker



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.