Kompas TV internasional kompas dunia

500 Tokoh Dunia akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di London, Rusia dan Myanmar Belum Diundang

Selasa, 13 September 2022 | 18:42 WIB
500-tokoh-dunia-akan-hadiri-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-di-london-rusia-dan-myanmar-belum-diundang
Raja Charles III, Putri Anne dan Pangeran Andrew mengikuti prosesi peti mati Ratu Elizabeth II dari Istana Holyroodhouse ke Katedral St Giles, di Edinburgh, Senin, 12 September 2022. Para pejabat Inggris pada Selasa (13/9/2022) mengatakan, sekitar 500 pejabat asing akan menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II, tetapi undangan belum dikirim ke para pemimpin Rusia, Belarus, atau Myanmar. (Sumber: Andrew Milligan/Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV — Para pejabat Inggris pada Selasa (13/9/2022) mengatakan, sekitar 500 pejabat asing akan menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Tetapi, undangan belum dikirim ke para pemimpin Rusia, Belarus, atau Myanmar.

Seperti laporan Associated Press, para pejabat mengatakan pemakaman pada Senin (19/9/2022) pekan depan di Westminster Abbey London akan menjadi acara internasional terbesar yang diselenggarakan Inggris dalam beberapa dekade terakhir.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden termasuk di antara yang pertama mengumumkan bahwa dia akan terbang ke London bersama istrinya, Jill Biden, untuk melayat dan hadir di pemakaman Ratu Elizabeth II.

Para pemimpin sebagian besar negara Persemakmuran, termasuk Australia, Selandia Baru dan Kanada, juga diharapkan hadir.

Presiden Emmanuel Macron dari Prancis, Frank-Walter Steinmeier dari Jerman, Sergio Mattarella dari Italia, Recep Tayyip Erdogan dari Turki dan Jair Bolsonaro dari Brasil termasuk di antara presiden yang hadir.

Kaisar Jepang Naruhito dan Raja Spanyol Felipe VI dan Ratu Letizia, serta mantan raja Spanyol Juan Carlos I dan Ratu Sofia, juga akan melakukan perjalanan ke London untuk acara tersebut.

Raja Charles III dan Camilla, Permaisuri Raja Charles, telah meninggalkan Edinburgh dalam perjalanan mereka ke Belfast.

Di Irlandia Utara pada hari Selasa, mereka akan mengunjungi Kastil Hillsborough yang dibangun pada abad ke-18, dan merupakan kediaman resmi kerajaan Inggris.

Baca Juga: Pemakaman Ratu Elizabeth II, Para Kepala Negara yang Melayat Hanya Boleh Naik Bus

Pasangan kerajaan itu akan bertemu dengan pemimpin Irlandia Utara Chris Heaton-Harris dan para pemimpin partai politik setempat.

Mereka kemudian akan bertemu dengan para pemimpin agama utama Irlandia Utara.

Setelah itu, kebaktian peringatan akan diadakan di Katedral St Anne di Belfast, di mana gereja paroki abad ke-18 pernah berdiri.

Pasangan kerajaan akan langsung terbang ke London usai acara di Belfast.


Sementara Raja Charles dan Camilla, permaisuri, melakukan perjalanan ke Irlandia Utara pada hari Selasa, jenazah Ratu Elizabeth II akan diterbangkan ke London.

Katedral St. Giles di Edinburgh, tempat anggota masyarakat memberikan penghormatan saat jenazah disemayamkan, akan ditutup pada pukul 3 sore waktu Edinburgh.

Dua jam kemudian, sebuah mobil jenazah akan membawa peti mati melalui jalan darat ke bandara Edinburgh. Putri Anne akan menemani jenazah Ratu Elizabeth dalam penerbangannya ke London.

Dari pangkalan udara AU Inggris di Northolt, sebelah barat London, peti mati akan dibawa ke Istana Buckingham di mana akan ditemui oleh anggota keluarga kerajaan.

 


Sumber : Kompas TV/Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Basarnas Cari Nelayan Hilang di Laut

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:14 WIB
Berita Daerah

Aksi Pencuri Mobil Terekam Kamera Pemantau

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:09 WIB
Close Ads x