Kompas TV otomotif news

Pemuda Madiun Ciptakan Alat Pengubah Plastik Jadi BBM, Sulap Plastik Jadi Solar dan Bensin!

Selasa, 13 September 2022 | 16:51 WIB
pemuda-madiun-ciptakan-alat-pengubah-plastik-jadi-bbm-sulap-plastik-jadi-solar-dan-bensin
Dimas Bagus Wijanarko, penggagas kelompok pemuda pengubah plastik jadi BBM, di Madiun, Jawa Timur. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

MADIUN, KOMPAS.TV - Sekelompok pemuda di Kabupaten Madiun, Jawa Timur secara berkala mengumpulkan sampah plastik limbah rumah tangga untuk diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Kelompok pemuda yang digagas Dimas Bagus Wijanarko itu tergabung dan bekerja sama dengan salah satu kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Di tengah kenaikan harga BBM saat ini, para pemuda itu memilah sampah plastik untuk dijadikan bahan pembuatan BBM dengan metode pirolisis.

Dimas mengaku, ide mengubah sampah plastik jadi BBM itu berawal dari keprihatinannya melihat tumpukan sampah di pegunungan saat ia melakukan pendakian. Menurut dia, persoalan sampah tak kunjung selesai.

"Akhirnya saya mencoba mencari solusi, dari situ sih awal dari saya meriset mesin pirolisis ini," kata Dimas dikutip dari cuplikan Kompas Siang KOMPAS TV, Selasa (13/9/2022).

Ada sejumlah proses yang harus dilakukan dalam mengolah plastik menjadi BBM. Sampah plastik harus dipastikan kering.

Sampah plastik yang sudah kering kemudian dimasukkan ke mesin penggiling agar menjadi potongan plastik kecil.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Masyarakat Khawatir Kenaikan BBM Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok

Selanjutnya, kumpulan potongan kecil plastik itu dimasukkan ke tabung reaktor dari besi yang minim kandungan oksigen. Alat ini mereka namakan mesin get plastic, yang dibuat secara mandiri.

Kemudian, plastik dipanaskan dengan api selama 4 jam. Uap pembakaran sampah plastik akan mengalir melalui pipa. Uap tersebut akan menyublim, sehingga membentuk zat cair yang nantinya menjadi bahan bakar solar maupun bensin.


Dimas menjelaskan, setiap satu kilogram plastik, akan menghasilkan 80 persen BBM jenis solar, dan 20 persen BBM jenis premium atau bensin.

Namun, berat jenis BBM yang dihasilkan tergantung dari jenis plastik yang digunakan.

BBM berupa solar dan bensin dari sampah plastik ini, kata Dimas, telah digunakan sebagai bahan bakar mobil bermesin diesel dan sepeda motor.

Baca Juga: Awas! Salah Atur Suhu AC Mobil Bikin Boros Bensin, Ini Suhu Ideal Biar Hemat BBM

Bahkan, imbuhnya, BBM itu juga pernah digunakan kendaraan untuk perjalanan antarpulau tanpa ada kendala mesin.

Setiap dua tahun sekali, BBM yang dihasilkan kelompok pemuda ini diuji di laboratorium untuk memastikan ada atau tidaknya perubahan kandungan pada BBM yang dihasilkan.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x